Kawanan Gajah Liar Rusak Kebun Warga di Indragiri Hulu

Gajah-masuk-kampung11.jpg
(BBKSDA)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Kawanan gajah liar merusak kebun warga di Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu, petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) berupaya menghalau gajah agar tidak masuk ke pemukiman warga.

 

Pelaksana tugas Kepala BBKSDA Riau, Fifin Arfiana Jogasara mengatakan, sebanyak dua ekor gajah merusak kebun sawit warga.

 

“Tim bersama masyarakat turun ke lokasi kebun yang dirusak gajah liar, ditemukan jejak dan kotoran gajah, diperkirakan berjumlah dua ekor,” kata Fifin, Selasa, 18 Januari 2022.

 

 

Ia menambahkan, petugas memberikan himbauan kepada warga agar tidak anarkis terhadap satwa dilindungi tersebut.


“Tim mengalami kesulitan melakukan penggiringan karena banyaknya pemukiman warga dan lahan perkebunan kelapa sawit,” sebutnya.

 

Dari hasil pemantauan, gajah liar sudah masuk ke beberapa desa dan kecamatan di Kabupaten Indragiri Hulu dan Kabupaten Pelalawan.

 

“Terakhir ini gajah berada di Desa Kampung Baru, Kecamatan Batang Cenaku, sebelumnya kawanan gajah sudah mendekati perbetasan Riau dan Jambi, namun kembali mengarah ke Kecamatan Batang Peranap,” tuturnya.

 

Fifin Arfiana menambahkan, petugas BBKSDA Riau saat ini berusaha mengamankan kawasan agar tidak dimasuki kawanan gajah liar.

 


 

 

“Jadi sampai saat ini kita sedang mencari bagaimana bisa mengamankan kawasan, sementata itu saya sampaikan ke masyarakat untuk mengamankan diri sendiri dahulu seperti menggunakan obor dan suara-suara untuk menjaga diri,” tutupnya.