4 Metode Public Speaking, Bikin Kamu Terlihat Luar Biasa

berbicara-di-depan-umu2.jpg
(pixabay)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Public speaking atau berbicara di depan umum adalah keterampilan berbicara kepada sekelompok besar orang. Public speaking juga merupakan sebuah proses komunikasi berkelanjutan, dimana pesan dan lambang terus berinteraksi di antara pembicara dan para pendengarnya.

Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Public Speaking, Ingin memiliki public speaking yang baik? Kenali 4 metode public speaking, simak ulasannya berikut ini.

Public speaking merupakan sebuah rumpun keluarga ilmu komunikasi atau retorika. Retorika adalah seni berkomunikasi secara lisan yang dilakukan oleh seseorang kepada sejumlah orang secara langsung bertatap muka. Seperti moderator, pidato, presentasi dan MC (Master of Ceremony).

 

4 Metode public speaking, di antaranya :

Impromtu/Ad Libitum

Ad Libitum artinya berbicara tanpa naskah (script). Metode ini sering disebut dengan metode spontanitas, ya itu tidak dilakukan persiapan dalam pembuatan naskah tertulis terlebih dahulu. Biasanya dilakukan hanya oleh orang yang akan tampil mendadak.

Kelebihan metode Impromtu/Ad Libitum :

  1. Pendapat dan gagasan datang secara spontan.
  2. Dapat mengungkapkan perasaan sebenarnya.
  3. Memungkinkan pembicara terus berpikir.

Kelemahan metode Impromtu/Ad Libitum :

  1. Penyampaian tidak lancar, terutama orang yang belum berpengalaman.
  2. Mudah terkena demam panggung karena kurang persiapan.
  3. Dapat menimbulkan kesimpulan yang kurang mantan karena terbatasnya pengetahuan pembicara.

Manuscript/Reading Complet Text/Naskah

Metode ini yaitu penyampaian pidato dengan cara membaca naskah yang sudah disiapkan. Metode ini biasanya dilakukan oleh pejabat negara atau mereka yang memberi sambutan di acara formal. Metode ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahan karena setiap kata yang diucapkan dalam acara formal akan dijadikan figur oleh masyarakat luas dan dikutip oleh media massa.

Kelebihan metode Manuscript/Reading Complet Text/Naskah :


  1. Dapat memilih kata-kata yang sebaik-baiknya.
  2. Pernyataan dapat diringkas.
  3. Berbicara lebih fasih.
  4. Dapat menghindari hal-hal yang menyimpang.
  5. Naskah dapat diterbitkan atau diperbanyak.

Kelemahan metode Manuscript/Reading Complet Text/Naskah :

  1. Pembicara terlihat kaku.
  2. Kurangnya interaksi dengan pendengar.
  3. Persiapan yang lebih lama.
  4. Tanggapan pendengar tidak dapat mempengaruhi pesan.

Memoriter/memorizing/hapalan

Public Speaking, Ingin memiliki public speaking yang baik? Kenali 4 metode public speaking selanjutnya adalah memoriter/memorizing/hapalan.

Metode ini kelebihan dan kekurangannya hampir sama dengan metode manuscript, ditambah risiko yang lebih besar. Artinya naskah sudah dibuat sebelumnya. Pada saat berbicara untuk menyampaikan pidatonya dia tidak lagi menggunakan naskah karena semua yang tertera dalam naskah tersebut sudah dihafalkan.

Ketika tampil pembicara mengingat kembali semua yang sudah diapakan. Metode ini mengandalkan kemampuan mengingat. Pembicara harus menguasai susunan bahasa, ide dan gagasan yang terdapat dalam naskah.

Metode ini cocok untuk mereka yang memiliki daya ingat tinggi, topik pidato yang menarik dan sederhana serta waktu penyampaiannya tidak terlalu lama.

Oleh karena itu bagi pembicara yang tidak memiliki kapasitas daya ingat yang tinggi sebaiknya menghindari metode ini. Jika dilakukan maka pidato tidak akan menarik lagi karena pembicara hanya berkutat dengan kesalahan pembicara sendiri.

Extempore/Using Note

Metode ini merupakan metode terbaik yang sangat dianjurkan dalam berpidato karena naskah pidato hanya berupa outline atau garis besar dan pokok penunjang.garis besar inilah yang akan menjadi pedoman untuk mengatur gagasan yang ada dalam pikiran.

Jadi metode ini disebut metode penjabaran kerangka yakni teknik berpidato dengan menjabarkan materi pidato yang terpola secara lengkap. Namun, metode ini hanya bisa dipakai oleh orang yang sudah berpengalaman, membutuhkan kecakapan dalam berbicara. Apabila tidak cakap maka akan menjadi tidak teratur lagi ide dan gagasan yang sudah tersusun bisa menjadi kacau atau tak terarah lagi.

 

 

Kelebihan metode Extempore/Using Note :

  1. Pesan atau materi dapat diubah sesuai kebutuhan.
  2. Komunikasi dengan pendengar lebih baik.
  3. Penyajian lebih spontan.

Kelemahan metode Extempore/Using Note :

  1. Pemilihan bahasa yang jelek.
  2. Kebersihan yang kurang.
  3. Persiapan yang kurang baik jika dibuat terburu-buru.
  4. Kemungkinan menyimpan dari outline atau kerangka.

Sekian informasi mengenai Public Speaking, Ingin memiliki public speaking yang baik? Kenali 4 metode public speaking. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.

Sumber : Telkom PCC Bandung