4 Penyebab Luka Batin yang Perlu Kamu Ketahui

ekspresi-wajah-manusia.jpg
(pixabay)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Luka batin adalah masalah yang dapat dialami siapa saja yang berdampak negatif dalam kehidupan seseorang. Dalam pembelaan diri seseorang ketika mengalami suasana hati yang tidak menyenangkan, diperlukan memaafkan terhadap diri sendiri hal tersebut adalah langkah yang sangat diperlukan untuk menyembuhkan luka batin.

Sesungguhnya menderita akibat luka batin yang tertanam dalam hati dapat dialami seseorang sejak ia berada dalam kandungan dan karena itu perlu segera mengambil tindakan untuk memaafkan. Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Mental health, 4 penyebab luka batin, simak ulasannya berikut ini.

Alam bawah sadar

Manusia mempunyai alam bawah sadar seperti komputer yang dapat merekam segala pengalaman dan peristiwa yang pernah dialami selama hidup di dunia ini, baik peristiwa atau pengalaman yang menyenangkan maupun yang menyakitkan.

Banyak pengalaman negatif yang disebabkan oleh luka batin yang menyebabkan efek yang tidak menyenangkan di masa sekarang.

Luka batin dapat dialami oleh siapapun baik secara disadari atau tidak bahkan luka batin yang sangat parah dapat dialami seseorang sejak ia masih berada di kandungan.

 

Traumatis masa kecil karena perilaku kasar orang tua pun dapat diindikasikan dengan adanya sikap sikap penolakan antara lain mengubah rasa benci dengan kata-kata umpan balik diucapkan maupun.

Pengalaman masa kecil yang menyakitkan sangat membekas dan menimbulkan akibat yang sangat serius, ini perlu dilakukannya pengendalian atas rasa ketidaknyamanan yang tertanam dalam hati seseorang.


Berikut 4 penyebab luka batin, diantaranya :

Masa dalam kandungan

Sejak manusia berada dalam kandungan alam bawah sadar sudah dapat merekamnya, maka apa yang dialami atau dirasakan oleh sang ibu, janin yang ada dalam kandungannya pun ikut merasakan apa yang dirasakan oleh sang ibu dan hal ini terkandung dalam alam bawah sadar bayi.

Oleh karena itu apabila sang ibu sedang mengandung mendapatkan kasih sayang dari orang-orang sekitarnya ini akan mempengaruhi bayi yang ada dalam kandungannya.

Demikian pula jika masa kehamilannya dia mendapatkan perlakuan yang kurang menyenangkan ataupun kesedihan yang sering rasakan, maka ini akan sangat berpengaruh bagi si bayi perasaan sang ibu jika mengalami tekanan atau rasa kuatir maka sang bayi akan membawa perasaan tersebut dan pada akhirnya sang bayi di kemudian hari cenderung memiliki sifat negatif seperti penakut dan pemberontak tanpa adanya alasan yang pasti.

Masa bayi

Mental health, 4 penyebab luka batin selanjutnya adalah pada masa bayi. Bayi yang sering ditinggal oleh orang tuanya karena kesibukan orang tua dan diserahkan kepada ada orang terdekat seperti nenek bahkan pembantu akan membuat anak mencari perhatian dari orang lain.

Oleh karena itu bayi yang kurang perhatian ini akan mencari sesuatu yang kurang dalam diri orang lain, karena iya kurang mendapatkan kasih sayang maupun perhatian dari orang tuanya.

Masa anak-anak

Masa anak-anak juga menjadi salah satu masalah yang rawan untuk anak merasakan luka batin. Misalnya sang anak pada masa kecilnya seringkali melihat dan mendengar pertengkaran orang tuanya.

Ketika peristiwa tersebut terjadi dia akan merasa sangat ketakutan dan sebagai anak-anaknya tidak dapat melakukan apa-apa dia merasa tak berdaya bahkan ia sangat tertekan.ia tidak dapat berbuat apa-apa untuk mencegah pertengkaran itu yang bisa dia lakukan hanyalah menangis. Peristiwa ini sangat membekas bagi seorang anak dalam pikiran maupun hatinya sehingga pada masa dewasa bila ia mendengar suatu keributan dia akan merasa sangat ketakutan.

Masa remaja dan dewasa

Akar dari luka batin terdapat pada masa remaja ataupun dewasa, seseorang yang pernah memiliki pengalaman seperti dilecehkan atau diperkosa akan menimbulkan trauma.

Peristiwa penculikan itu akan sangat membekas di pikiran bukan di hati bahkan bisa membuat dia antipati dengan lawan jenis sehingga dia menjadi takut menikah.

Sekian informasi mengenai Mental health, 4 penyebab luka batin. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.