Kriminolog Sesalkan Kasus Perkosaan Anak Bawah Umur Berujung Damai

pemerkosaan28.jpg
(Shutterstock)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kriminolog, Syahrul Akmal Latif menyesalkan perdamaian yang dilakukan pihak keluarga korban pemerkosaan oleh anak anggota DPRD Pekanbaru.

Menurut Syahrul, kasus ini sangat traumatis dan harus mendapat perhatian khusus.

Menurutnya, jangan sampai upaya perdamaian terhadap kasus pelecehan anak dibawah umur menjadikan win-win solution.

"Dalam hal ini saya tidak menemukan kebijakan objektif yang dilakukan keluarga korban dan keluarga pelaku. Apapun namanya ada kerugian moril dan bagaimana kita harus memulihkan kondisi mental dan masa depan anak," ucap Syahrul kepada RIAUONLINE.CO.ID, Kamis, 6 Januari 2022.


Akademisi Universitas Islam Riau ini menjelaskan tidak menemukan restorative justice dari perdamaian.

"Saya berharap di Pekanbaru ini tidak ada culture budaya perdamaian terhadap kasus pemerkosaan ini, terlepas dari ketidakberdayaan pihak keluarga korban dan ini harus dibantu dengan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK)," terang Syahrul.

Jika hal ini dianggap bisa damai begitu saja kata dia, semua orang ditakutkan akan bersikap sama dan hanya memanfaatkan uang agar permasalahan selesai.

"Saya berharap kebijakan perdamaian itu ditinjau ulang, terkait kebijakan yang dilakukan Polresta Pekanbaru. Laporan delik pidana tidak ada pasal yang menyatakan laporan itu dicabut dan ini harus diproses."

"Ditarik pun laporannya tetap harus di proses, meski masing-masing pihak menawarkan win-win solution dari pihak Kepolisian. Terlebih kasusnya pelecehan yang melibatkan anak di bawah umur dan saya ingin ini tetap diproses," pungkasnya.