5 Keuntungan Memulai Bisnis Startup

rapat3.jpg
(pixabay)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Startup adalah sebuah istilah yang merujuk pada suatu bisnis atau perusahaan rintisan, perusahaan yang baru beroperasi dan masih pada fase pengembangan untuk menemukan pasar dan mengembangkan produk yang mengacu pada bisnis berbasis teknologi.

Seiring dengan pesatnya pertumbuhan internet, maka bisnis cara ini pun ikut berubah ke arah yang lebih cepat dan strategis. Hal ini yang menjadi fokus startup kian populer dan berkembang tiap tahunnya.

Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Perusahaan, 5 keuntungan memulai bisnis startup, simak ulasannya berikut ini.

Teknologi Informasi

Istilah startup selalu diidentikkan dengan usaha rintisan yang menggunakan teknologi informasi pada produknya. Jika tidak menggunakan unsur teknologi informasi maka usaha tersebut dapat dikatakan sebagai UKM (usaha kecil dan menengah).

 

Sedangkan definisi startup digital adalah sekelompok individu yang membuat dan menjual produk baru atau layanan pada dinamika pasar yang tidak menentu dalam mencari modal bisnis yang tepat sehingga startup menghadapi kondisi pasar yang terus berubah dengan tingkat ketidakpastian yang sangat tinggi.

Dengan memanfaatkan teknologi internet di zaman yang serba digital, startup dituntut untuk siap memasuki pasar bebas dalam internet, yang mampu menjangkau seluruh konsumen dalam memperluas pangsa pasar dengan melakukan ekspansi pasar secara besar-besaran.


Maraknya perkembangan startup di Indonesia diikuti oleh pertumbuhan internet dari tahun ke tahun. Penggunaan teknologi dan digitalisasi turut mengubah paradigma bisnis model konvensional. Kehadiran startup yang menyandang status unicorn akan turut meramaikan suasana ekosistem digital di Indonesia.

Menurut data yang dilansir oleh startupranking, pada tahun 2019 Indonesia memiliki 2102 startup dan menduduki posisi kelima terbanyak di dunia. Angka ini menunjukkan lonjakan yang begitu cepat dan masih akan tetap tumbuh secara menjanjikan karena semakin maraknya pertumbuhan ini akan mendorong UMKM dan dunia usaha.

Berikut keuntungan memulai bisnis startup:

Memiliki pasar yang sangat luas

Bisnis startup tidak memiliki batas karena modal utamanya hanya menggunakan internet dan teknologi yang cakupannya sangat luas bahkan hingga ke seluruh dunia.

Hal ini berbeda jika anda memilih bisnis konvensional yang hanya bertumpu pada satu lokasi sehingga target pasarnya terbatas.

Dengan media digital atau startup, semua orang akan menemukan produk yang anda jual, dengan kunci utama yaitu digital marketing yang baik.

Modal yang terjangkau

Perusahaan, 5 keuntungan memulai bisnis startup selanjutnya adalah modal yang terjangkau. Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk biaya sewa atau membelanjakan barang secara fisik, anda cukup mengeluarkan modal untuk SDM yang akan membantu anda mengembangkan produk. Dengan begitu modal bukanlah hal yang membatasi lagi.

Tidak membutuhkan lokasi yang strategis

Startup tidak memerlukan lokasi yang strategis, hal ini sangat berbeda dengan usaha konvensional. Karena modal utama menjalankan bisnis startup adalah Internet bukan lokasi. Dengan begitu anda tidak lagi memikirkan biaya kantor atau ruko untuk memulai bisnis.

Membantu memberikan solusi yang tepat

Menjalankan bisnis startup bukan hanya mendapatkan keuntungan yang besar, namun anda juga dapat membantu orang lain untuk mendapatkan solusi dari setiap masalahnya. Seperti startup transportasi Grab dan Go-jek yang telah membantu banyak orang untuk menemukan transportasi dengan mudah.

Hanya dengan memesan lewat aplikasi, driver akan segera menjemput penumpang. Selain itu, dengan applikasi ini telah membantu banyak orang untuk mendapatkan mata pencaharian baru.

Mengubah mindset seseorang

Ketika anda memulai menjalankan bisnis startup, maka anda akan dituntut untuk terus berpikir kreatif dan membuat inovasi baru. Berkat jalan inilah, anda dapat mengubah hal kecil menjadi sesuatu yang besar, dengan kegiatan berbisnis anda mendapatkan ilmu baru dan mengubah mindset anda menjadi semakin luas.

Sekian informasi mengenai Perusahaan, 5 keuntungan memulai bisnis startup. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.