Keunggulan Biro Perjalanan dan Wisata

Cappadocia.jpg
(Anatolian Balloons Cappadocia)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Biro perjalanan dan wisata atau travel agent adalah suatu perusahaan yang bergerak untuk kegiatannya merencanakan dan menyelenggarakan perjalanan orang-orang untuk berwisata.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat membawa pengaruh lingkungan yang cukup besar sehingga setiap perusahaan harus berorientasi kepada kepuasan konsumen.

Bersaing dalam memberikan penawaran harga, fasilitas dan pelayanan yang terbaik terhadap pelanggannya seperti yang dilakukan oleh perusahaan travel agent. Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Wisata, Keunggulan biro perjalanan dan wisata (travel agent), simak ulasannya berikut ini.

Perusahaan dibidang Jasa

Suatu perusahaan yang bergerak di bidang jasa harus mampu melakukan pemasaran secara aktif dan menarik bagi konsumen dengan melalui pelayanan.

 


Pelayanan yang terbaik sesuai dengan keinginan konsumen untuk memenuhi kebutuhan. Setiap konsumen ingin memiliki pengalaman yang baik pada setiap menggunakan sebuah produk, saat konsumen merasa puas maka adanya kemungkinan untuk melakukan pembelian berulang dan bisa saja konsumen melakukan penyebarluasan informasi atas pengalaman yang konsumen dapatkan.

Fungsi travel agent yaitupusat informasi perjalanan wisata, perantara, promotor dalam pengenalan objek wisata, sumber devisa negara, dan penasehat perjalanan

Wisata, Keunggulan biro perjalanan dan wisata (travel agent)

Banyak wisatawan yang lebih memilih menggunakan jasa dari travel agent karena kebutuhan mereka dapat terpenuhi dengan baik sesuai dengan ekspektasi dan dinilai lebih praktis,

selain itu terdapat beberapa keunggulan lain diantaranya:

 

  1. Mendapatkan pelayanan yang spesial dari travelagent mereka memberikan konsultasi kepada setiap pelanggan
  2. Tidak perlu repot menentukan dan memilih objek wisata, travelagent akan mencoba untuk rekomendasikan pilihan terbaik.
  3. Kemudahan booking tiket pesawat dan transportasi lainnya, pihak travel akan melakukan proses pembelian tiket.
  4. Kemudahan jika ada jadwal yang berubah, untuk beberapa kondisi tiket pesawat maupun hotel yang sudah dipesan bisa reschedule atau di refund.
  5. Lebih mudah untuk mengurus dokumen perjalanan seperti paspor dan visa.
  6. Liburan terasa lebih efisien, travelagent akan membantu untuk merancang liburan yang lebih efisien dengan beragam jenis wisata yang diinginkan.
  7. Tiket masuk destinasi dan tarif hotel lebih murah, alasannya karena travelagent sudah memiliki supplier tersendiri untuk hotel sehingga pelanggan akan mendapatkan harga lebih murah.
  8. Berwisata atau menginap di lokasi yang strategis.

 

 

 

Upaya pelayanan travel agent yang baik terlihat dari beberapa aspek diantaranya:

  1. Tangibles, yaitu kemampuan suatu perusahaan dalam menunjukkan eksistensinya kepada pihak eksternal.
  2. Emphaty, yaitu memberikan perhatian yang tulus dan bersifat individu atau pribadi yang diberikan kepada para pelanggan dengan berupaya memahami konsumen.
  3. Relliability, kemampuan untuk memberikan pelayanan yang dijanjikan dengan segera, akurat dan memuaskan.
  4. Responsiveness, kemampuan pihak perusahaan untuk membantu dan memberikan pelayanan yang cepat dan tepat kepada para pelanggan dengan penyampaian informasi yang jelas.
  5. Assurance, jaminan adanya kepastian yaitu pengetahuan, kesopansantunan dan kemampuan perusahaan untuk menumbuhkan rasa percaya para pelanggan dengan perusahaan yang menawarkan paket wisata tersebut.
  6. Kepuasan konsumen, yaitu sejauh mana manfaat sebuah produk dirasakan sesuai dengan apa yang diharapkan pelanggan.
  7. Konsumen, yaitu semua individu dan rumah tangga yang membeli atau memperoleh barang atau jasa untuk dikonsumsi pribadi.

 

Sekian informasi mengenai Wisata, Keunggulan biro perjalanan dan wisata (travel agent). Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.