Beragam Manfaat Mengkonsumsi Sayur dan Buah

buah-dan-sayur3.jpg
(pixabay)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Konsumsi sayur dan buah sangat penting dalam pola makan seimbang. Hal ini disebabkan sayur dan buah mengandung vitamin dan mineral, serat makanan dan zat-zat phytochemical yang diperlukan tubuh, tanpa vitamin dan mineral proses pemanfaatan zat gizi yang dikonsumsi tidak dapat optimal.

Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Vitamin, Beragam manfaat mengkonsumsi sayur dan buah, simak ulasannya berikut ini.

Tingkat konsumsi sayur dan buah di Indonesia

Di Indonesia, konsumsi sayur dan buah sangatlah kurang, hal itu dipengaruhi oleh pengetahuan yang kurang baik tentang sayur dan buah, serta kurang kesadaran tentang manfaat sayur dan buah.

Menurut WHO konsumsi buah dan sayur yang dianjurkan 400 gram per hari per orang untuk mencegah terjadinya penyakit kronis di masa mendatang. Berdasarkan Dietary Guidelines of America, sayur dan buah memberi kontribusi terhadap pemenuhan zat gizi yang penting bagi tubuh manusia.

Mengkonsumsi sayur dan buah dapat menurunkan risiko penyakit kronis dan juga dapat membantu mengatur berat badan. Tanpa serat makanan, buang air besar tidak lancar karena vitamin utama dalam sayur dan buah yang sukar digantikan oleh makanan lain adalah vitamin c, asam folat dan golongan karoten terutama betakaroten yang akan bekerja sebagai antioksidan.


Di 5 negara di asia tenggara yaitu India, Indonesia, Sri Lanka, Thailand dan Myanmar dinyatakan bahwa kurangnya konsumsi sayur dan buah pada anak usia 13-15 tahun itu sebesar 75,2% di Indonesia yang didahului oleh India sebesar 85,1%, Myanmar sebesar 83,3% dan Srilanka sebesar 77,1%. Di Indonesia konsumsi sayur dan buah masih sangatlah kurang ada sejumlah 93,6% untuk kelompok umur 10-14 tahun.

Vitamin, Beragam manfaat mengkonsumsi sayur dan buah selanjutnya adalah manfaat mengkonsumsi sayur dan buah.

Manfaat mengkonsumsi sayur dan buah:

  1. Meningkatkan daya ingat, zat antioksidan yang terkandung dalam buah dan sayur melindungi sel-sel otak dan membantu meningkatkan daya ingat.
  2. Tubuh lebih segar, buah dan sayur memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Vitamin bersama enzim reaksi memproduksi energi
  3. Melancarkan buang air besar, tingginya serat yang terkandung dalam buah dan sayur dapat meningkatkan kelancaran proses metabolisme tubuh.
  4. Sistem kekebalan tubuh yang meningkat, buah dan sayur yang kaya vitamin c membantu meningkatkan kekebalan tubuh.
  5. Menjaga kesehatan tulang dan gigi, tidak hanya mengkonsumsi susu buah dan sayur seperti bayam, alpukat, jeruk dan lobak mampu menjadi sumber kalsium yang baik.
  6. Menurunkan kolesterol dan melancarkan pencernaan, serat yang terkandung dalam buah dan sayur dapat menurunkan kolesterol, melancarkan pencernaan dan membuat cepat kenyang.

Buah-buahan dan sayuran hanya menghasilkan kurang dari 1% lemak yang dikonsumsi dalam makanan manusia selama 1 tahun. Sebetulnya buah-buahan dan sayuran merupakan bahan bebas lemak dan banyak sekali mengandung air sehingga nilai kalorinya rendah.

 

Buah dan sayur merupakan sepertiga dari seluruh makanan yang dipergunakan. Meskipun demikian bahan makanan ini menyediakan kurang dari 10 jumlah kalori yang dibutuhkan pada tingkat nasional hal ini terutama sekali berlaku bagi sayur dan buah segar yang tidak dicampur dengan teman gua dan sagu.

Sekian informasi mengenai Vitamin, Beragam manfaat mengkonsumsi sayur dan buah. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermafaat bagi pembaca.

Sumber: p2ptm Kemenkes RI