3 Proses Terbentuknya Rasa Tidak Percaya Diri dan Cara Mengatasinya

percaya-diri.jpg
(pixabay)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Percaya diri merupakan nilai tambah bagi seseorang walaupun sangat sulit melakukannya, rasa percaya diri secara sederhana bisa dikatakan sebagai suatu keyakinan seseorang terhadap segala aspek kemampuan dan kelebihan yang dimilikinya.

Hal tersebut menimbulkan keyakinan yang membuat seseorang mampu untuk mencapai berbagai tujuan di dalam hidupnya. Dengan adanya pemahaman diri secara kuat maka seseorang bisa membangun rasa percaya dirinya.

Untuk itulah pemahaman dan reaksi positif seseorang terhadap kelemahan yang dimiliki sangat diperlukan untuk membangun rasa percaya diri dalam segala situasi.

Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Percaya diri, 3 Proses terbentuknya rasa tidak percaya diri dan cara mengatasinya, simak ulasannya berikut ini.

Kondisi kepribadian merupakan suatu kondisi yang sudah tersimpan di alam bawah sadar seseorang. Segala sesuatu yang sudah tersimpan di dalam bawah sadar, baik positif maupun negatif, akan menjadi suatu kecenderungan yang kuat dan otomatis mempengaruhi kepribadian seseorang.

Pengalaman yang direspon secara positif akan membuat alam bawah sadar mendominasi kepribadian seseorang dengan dorongan tingkah laku secara positif. Sedangkan pengalaman pahit atau pengalaman negatif, akan membuat alam bawah sadar mendominasi seseorang dengan tingkah laku yang negatif dalam berbagai macam bentuk gangguan mental.

Misalnya, pengalaman hidup seseorang yang mengalami kekerasan pada masa kecil akan membuat alam bawah sadar mendominasi kepribadian dengan kecenderungan untuk mudah takut berbicara, gugup, cemas, dan tidak percaya diri.

Oleh karena itu, rasa tidak percaya diri yang sudah mendominasi kepribadian seseorang, biasanya akan membuat kegagalan yang sangat fatal karena ia merasa tidak mampu untuk mencapai berbagai tujuan di dalam kehidupannya.


Dengan demikian awal dari proses pembentukan rasa tidak percaya diri bisa terjadi karena:

1. Terbentuknya berbagai kelemahan atau kekurangan dalam berbagai aspek kepribadian seseorang yang dimulai dari kehidupan keluarga yang meliputi aspek fisik, fmental, ekonomi dan sosial.

2. Kehidupan sosial yang dijalani dengan sikap negatif seperti merasa rendah diri, suka menyendiri, lari dari tanggung jawab, mengisolasi diri dalam kelompok.

Hal- hal tersebut membuat semakin memperkuat rasa tidak percaya diri. Biasanya orang yang tidak percaya diri memiliki ciri-ciri seperti mudah cemas dalam menghadapi persoalan, memiliki kelemahan atau kekurangan dari mental, fisik, sosial, atau ekonomi, sulit menetralisasi timbulnya ketegangan dalam suatu situasi dan merasa gugup.

3. Pemahaman negatif seseorang terhadap dirinya sendiri yang cenderung selalu memikirkan kekurangan tanpa pernah meyakini bahwa ia juga memiliki kelebihan.

Ada beberapa cara untuk mengembangkan kepercayaan diri pada diri seseorang yaitu sebagai berikut:

1. Menanamkan keyakinan pada diri sendiri bahwa kita mampu melakukan sesuatu yang lebih baik. Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri.

Yang paling penting adalah memotivasi diri kita sendiri agar kita mampu mengembangkan kelebihan yang kita miliki. Jangan sampai hanya berfokus pada kekurangan yang sebenarnya akan menjadi sugesti negatif. Seperti seseorang yang menarik diri dari lingkungan sekitar hanya karena memiliki banyak jerawat diwajah atau badannya yang gemuk dan pendek.

Kita harus lebih berfokus pada kelebihan yang dimiliki dan perlu menanamkan pemahaman terhadap diri sendiri bahwa kita memiliki potensi yang perlu dikembangkan dan memiliki kelebihan yang bisa dibanggakan.

2. Menanamkan keyakinan bahwa kita mampu mengatasi setiap permasalahan yang ada. Hidup yang kita hadapi sekarang ini penuh dengan kompetisi dan berbagai tantangan yang ada.

Kalau kita tidak mampu bersaing dengan orang lain karena hanya menganggap diri kita tidak mampu dan lemah maka bisa diibaratkan kita sudah kalah sebelum berperang.

 

Untuk itu, yang yang kita butuhkan saat ini adalah kepercayaan diri yang kuat agar mampu bersaing dan mampu menghadapi berbagai tantangan yang ada.

Sekian informasi mengenai Percaya diri, 3 Proses terbentuknya rasa tidak percaya diri dan cara mengatasinya. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat.