Manfaat dan Kegunaan Tanaman Hias

tanaman-hias3.jpg
(pixabay)

Laporan Linda Mandasari

 

RIAUONLINE, PEKANBARU-Tanaman hias adalah tanaman bunga-bungaan atau segala bentuk tanaman yang menghasilkan bunga. Selain itu tanaman hias diartikan juga sebagai segala jenis tanaman yang memiliki nilai hias yang menimbulkan kesan indah.

 

Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Bumi, Manfaat dan kegunaan tanaman hias, simak ulasannya berikut ini.

Bunga Potong

Pada awalnya bunga potong ditunjukkan untuk organ generatif bunga beserta tangkainya atau sedikit cabang yang terlepas dari tanaman induknya, kemudian dimanfaatkan sebagai bahan hiasan maupun kegunaan yang lebih luas.

 

Bunga potong tidak berupa potongan organ generatif saja tetapi berlaku juga bagi potongan daun serta tangkaian yang memberikan kesan indah. Rasa atau kesan seni yang pada akhirnya timbul menentukan nilai hias dari suatu tanaman hias yang bervariasi.


Pesan indah yang timbul dipengaruhi oleh apresiasi masing-masing individu.

Terdapat banyak manfaat dan kegunaan tanaman hias di antaranya :

 

  • Tanaman hias memiliki potensi yang sangat besar dalam membentuk kesan estetika di lingkungan, menjaga kenyamanan, menjaga kelestarian alam, meningkatkan pendapatan petani, kestabilan jiwa manusia dan memperluas lapangan pekerjaan.
  • Semua jenis tanaman hias memiliki manfaat tersendiri, itu mendatangkan rasa ketenangan di dalam jiwa maupun mendatangkan keuntungan materi bagi yang mengusahakan.
  • Dimanfaatkan pada saat acara ritual keagamaan maupun budaya beberapa suku bangsa seperti bunga tabur pada acara kematian maupun keperluan acara pengantin.
  • Sebagai alat komunikasi ataupun bersosialisasi dalam masyarakat, saat ini tanaman hias digunakan untuk hadiah, ungkapan atau ucapan terima kasih maupun dekorasi.
  • Tanaman hias dan bunga potong semakin digemari masyarakat seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi.
  • Menjadi tingkat gengsi seseorang, semakin mahal tanaman hias semakin tinggi status sosial seseorang.

Tanaman hias memiliki 3 aspek kepentingan yaitu ekonomi, estetika atau seni dan lingkungan.

Pengembangan tanaman hias

Indonesia mengimpor beberapa tanaman hias ke sejumlah negara, pengembangan produk holtikultura di Indonesia memiliki masa depan yang baik, karena permintaan pasar baik dalam negeri maupun luar negeri terus meningkat dari tahun ke tahun.

Komoditi tanaman hias juga diyakini memiliki prospek yang baik dan menunjukkan bahwa komoditi tanaman hias bersifat elastis terhadap permintaan.

Hambatan pengembangan bunga hias

Masalah kesinambungan produksi yang masih tersendat, kurangnya mutu dari pemilihan bibit juga pada aspek pelihara panen dan pasca panen, kurangnya pengendalian organisme pengganggu juga merupakan hal yang penting untuk diperhatikan karena organisme tersebut dapat merusak mutu sekaligus jumlah.

Masalah lain timbul dalam pengembangan tanaman hias dan bunga potong adalah masih lemahnya sarana dan prasarana angkutan dan penanganan hasil. Kendala menjadi terasa berat dengan tidak cukup berkembangnya penelitian penelitian pada tanaman hias dan bunga potong.

Sekian informasi mengenai Bumi, Manfaat dan kegunaan tanaman hias. Semoga informasi yang Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.