Pansus RIP Kepariwisataan DPRD Riau Rampungkan Ranperda

rip-pariwisata.jpg
(Bagus Pribadi/ RIAUONLINE)

Laporan: BAGUS PRIBADI

RIAU ONLINE, PEKANBARU – Panitia Khusus (Pansus) Ranperda Rencana Induk Pembangunan (RIP) Kepariwisataan Provinsi Riau tahun 2020-2035 DPRD Riau sudah menyelesaikan rancangan peraturan pada Senin, 13 Desember 2021. Hal itu disampaikan oleh Ketua Pansus Ranperda RIP Kepariwisataan Provinsi Riau DPRD Riau, Sugianto.

Ia mengatakan akan langsung melaporkan Ranperda tersebut kepada pimpinan DPRD Riau untuk segera dilakukan paripurna. Ia berharap, pada 2022 Ranperda RIP Kepariwisataan Provinsi Riau DPRD Riau sudah bisa dilaksanakan.

“Gunanya untuk membangun pariwisata di Riau ini lah. Masing-masing kabupaten di Riau punya wisata unggulannya masing-masing yang bisa mendongkrak pariwisata,” katanya, Senin, 13 Desember 2021.


“Misalnya di Pelalawan ada wisata bono, Rupat juga punya keunikannya sendiri, lalu Rokan Hulu dan Kampar punya wisata unggulan yang kami masukkan ke Ranperda,” tambah Sugianto.

Sugianto menjelaskan Perda bisa membantu pariwisata di Riau menjadi unggul karena ada ketentuan legal yang berlaku. Sehingga, lanjutnya, bisa didorong lewat APBN berdasarkan legalitas Perda tersebut.

“Sehingga ketika dibangun secara prioritas, wisatawan yang datang pun dapat kenyamanan baik infrastruktur maupun fasilitas pariwisatanya,” tuturnya.

“Di Riau ini wisatanya beragam dan dalam Ranperda itu mencakup semuanya, baik wisata budaya, wisata alam, wisata religi. Intinya wisata yang mengakomodir sesuai budaya melayu,” pungkasnya.