Tuli dan Rabun, Kakek Renta Hidupi 4 Anak yang Suaminya Tidak Berikan Nafkah

kakek-jualan-bubur2.jpg
(instagram@anandaputri)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Sebuah video viral dibagikan oleh akun TikTok @athar_musa belum lama ini, pemilik akun tak sengaja bertemu dengan seorang lelaki tua yang sedang duduk beristirahat di emperan toko.

Dengan niat hati ingin memberikan makanan kepada lelaki tersebut, pemilik akun justru mendengar curahan hati bapak tua itu.

Pemilik akun memberikannya satu porsi bubur manis yang tentu saja dimakan dengan lahap oleh lelaki renta tersebut.

Di tengah menyantap makanannya, lelaki itu bercerita bahwa ia memiliki empat anak perempuan yang sudah menikah.

Perjuangan bapak ini bikin warganet mewek. [TikTok]

Perjuangan bapak ini bikin warganet mewek. [TikTok]

Sayang, suami dari masing-masing anaknya tidak memberi nafkah dan tidak bertanggung jawab atas pernikahan mereka.


"Tak sengaja bertemu beliau. Saya ajak makan bubur manis bersama... lahap. Di sini beliau cerita, punya 4 anak perempuan. Semuanya sudah menikah, tapi suaminya tidak ada yang tanggung jawab," tulis pemilik akun.

Alhasil, untuk menyambung hidup keluarganya, lelaki itu harus bekerja.


Ia memilih untuk mengumpulkan botol-botol bekas yang ditemukannya di jalan dan memasukkannya ke dalam karung besar.

Bapak tua itu tak menyerah pada keadaan, meskipun kondisi tubuhnya sendiri memprihatinkan. Pasalnya, telinga dan matanya sudah tidak dapat berfungsi dengan baik.

Karena keterbatasannya itu, bapak tersebut mengaku sempat beberapa kali nyaris kecelakaan.

Ia tidak bisa mendengar suara klakson kendaraan dan melihat jika ada lubang di jalan dengan jelas.

"Akhirnya beliau terpaksa kerja mengumpulkan botol-botol bekas. Meski banyak ketakutan karena ternyata beliau tuli dan matanya sudah tidak bisa melihat jelas. Beliau beberapa kali hampir kecelakaan karena tidak bisa dengar klakson kendaraan dan masuk lubang di jalan karena keadaan fisiknya," tambah pemilik akun.


Meski begitu, lelaki tersebut tetap melakukan tugasnya sebagai seorang ayah dan kepala keluarga.

Pada akhir video, bapak tua itu berpesan kepada seluruh lelaki untuk mempertanggung jawabkan setiap perbuatannya dan para perempuan pun harus lebih berhati-hati.

"Beliau berpesan, jadi laki-laki itu harus bertanggung jawab dan jadi perempuan itu harus hati-hati. Saya pamit setelah beliau selesai makan, semoga bisa bertemu lagi," tutup pemilik akun, sebelum pergi meninggalkan lelaki tersebut.

Unggahan yang telah dilihat sebanyak lebih dari 1,1 juta penayangan dan disukai sebanyak lebih dari 248.900 kali oleh sesama pengguna TikTok itu pun menuai beragam komentar.

Tak sedikit warganet yang geram dengan tingkah para lelaki yang menjadi suami serta beberapa meminta untuk dibuatkan donasi untuk bapak tua tersebut.

"Open donasi, beliin alat bantu dengar sekalian," tulis akun @thisisbundaa.

"Sakit hati banget gua bacanya asli, seorang ayah jadiin ratu anaknya tapi sama suaminya nggak dikasih tanggung jawab, ya Allah," komentar @ekaprhyuu05.

"Gini aja nangis ya Gusti," tambah @nggkkemanamana.

"Buat cewek, pilihlah dia yang bukan hanya sayang dan cinta sama kita. Tapi sayang sama orang tua kita juga," ungkap @ibususter.

"Ya Allah nangis banget. Sehat selalu orang baik, buat bapaknya juga semoga sehat selalu ya pak," sahut @inapxx.