227 Siswa Abdurrab Islamic School Uji Swab Ulang Usai Isolasi 5 Hari

SMP-IT-Adurrab2.jpg
(DEFRI CANDRA /Riau Online)

RIAUONLINE, PAKANBARU - Sebanyak 227 orang peserta didik di Abdurrab Islamic School bakal menjalani swab tes ulang setelah isolasi selama lima hari. Ratusan peserta didik sudah menjalani swab tes pada, Kamis 25 November 2021.

Meski hasilnya negatif, mereka tetap menjalani isolasi karena merupakan kontak erat dari rekannya yang positif Covid-19.

"Jadi yang hasilnya negatif, setelah lima hari nanti kita periksa lagi," terang Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Arnaldo Eka Putra, Minggu 28 November 2021.

Lanjut Arnaldo, mereka yang hasil swab tesnya negatif pada hari kelima bisa kembali ke rumah. Sedangkan yang hasil swab tesnya positif bakal menjalani isolasi lanjutan bersama rekannya di asrama.

Arnaldo menyebut, para peserta didik saat ini menjalani isolasi di areal asrama sekolah di gedung berbeda. "Mereka isolasi sementara di sana karena kondisi sekolah juga harus tutup sementara," paparnya.


Ada sebanyak 113 peserta didik masih menjalani isolasi di asrama sekolah itu. Mereka merupakan peserta didik dari SMP dan SMP Islam Terpadu itu. Ada juga delapan orang yang merupakan guru dari sekolah tersebut.

Tim Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru menilai asrama tersebut layak menjadi lokasi isolasi. Gedung tersebut memungkinkan para pasien positif terpisah satu sama lain.

"Maka kita putuskan para pasien bisa menjalani isolasi di gedung asramanya. Ada dokter dan perawat yang siaga di asrama tersebut. Mereka bertugas untuk memastikan kondisi kesehatan para pasien yang isolasi di gedung asrama," terangnya.

Kebanyakan para pasien merupakan pasien orang tanpa gejala atau OTG. Para pasien terkonfirmasi usai penelusuran tim kesehatan setelah mendapati kasus Covid-19 di sekolah swasta tersebut.

Arnaldo menuturkan, awalnya ada dua peserta didik yang positif Covid-19. Tim dinas kesehatan pun melakukan penelusuran terhadap 340 peserta didik. Hasilnya ada 113 orang positif Covid-19 sehingga harus menjalani isolasi.