113 Positif Covid-19 Klaster SMP Abdurrab Islamic School Diisolasi di Asrama

Abdurrab-Islamic-School.jpg
(DEFRI CANDRA /Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sebanyak 113 orang terkonfirmasi positif Covid-19 dari klaster SMP Abdurrab Islamic School.

Saat ini siswa dan guru terkonfirmasi diisolasi di asrama Abdurrab Islamic School, jalan Bakti, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, pihaknya semula menginginkan mereka diisolasi di tempat isolasi terpadu milik pemerintah. Namun berbagai pertimbangan, guru dan siswa akhirnya di isolasi di asrama dengan pengawasan petugas medis.

"Jadi setelah melalui pertimbangan dan memperhatikan psikis anak-anak, dilakukan isolasi di lokasi Abdurrab Islamic School yang ada dua gedung," ucap Mimi kepada RIAUONLINE.CO.ID, Sabtu, 27 November 2021.

Dua gedung disiapkan, satu buat terkonfirmasi positif Covid-19 dan yang satunya lagi buat yang negatif dengan jarak 300 meter.

"Pada asrama tersebut juga ada pengawasan dan pemantauan dari nakes Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dan pembina asrama sehingga tempat isolasi dilakukan di area sekolah," terangnya.


Mimi Yuliani Nazir meminta kepada pihak sekolah menutup sementara sekolah agar tidak semakin meluas kasus positif.

Menurutnya, sesuai dengan aturan SKB 4 Mentri, jika terjadi kasus positif di sekolah maka ditutup sementara sampai situasi kembali normal.

"Sesuai aturan SKB 4 mentri, kami meminta kepada Dinas Pendidikan untuk menutup sekolah kalau ada yang terpapar. Inikan siswanya menginap, untuk mencegah terjadinya kasus lain," tutupnya.

Sebelumnya, ada 4 orang terkonfirmasi positif Covid-19, Jumat, 26 November 2021.

Kemudian dilakukan swab PCR kontak erat dengan pasien positif Covid-19.

Orang yang kontak erat ini juga terpapar Covid-19, dilakukanlah tes terhadap 340 orang dari Guru, Siswa Guru Pengasuh, Tukang Masak, Security.

"Setelah kita lakukan tes diketahui ada 113 terkonfirmasi positif Covid-19 dan yang negatif 227," ucap Kadiskes Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir.

Setelah 5 hari ke depan, 277 yang dinyatakan negatif sebelumnya akan kembali diperiksa apakah positif Covid-19 atau tidak.

"Setelah 5 hari, 227 orang ini nantinya akan kita Swab lagi, jika hasilnya negatif akan kita pulangkan," lanjut Mimi.

Saat ini Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru sudah melakukan isolasi terhadap pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19.