Muntah-muntah, BBKSDA Riau Obati Gajah Sakit di Desa Pontian Mekar

Gajah-sakit.jpg
(BBKSDA)

RIAUONLINE, PEKANBARU- Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Ria mengobati seekor gajah liar yang menderita sakit di Desa Pontian Mekar, Kabupaten Indragiri Hulu.

 

BBKSDA Riau menerima laporan bahwa ada seekor gajah masuk perkebunan kelapa sawit dalam keadaan sakit.

 

Pelaksana tugas Kepala BBKSDA Riau, Fifin Arfiana Jogasara mengatakan, gajah yang menderita sakit berjenis kelamin betina.

 

“Kondisi gajah kurus dan lemas, di lokasi tampak gajah memuntabkan batang dan pelepah sawit yang dimakannya. Selanjutnya kita beritahu ke tim medis untuk turun dan mengecek kondisi gajah tersebut,” ucapnya, Rabu, 27 Oktober 2021.

 

Fifi menambahkan, dari hasil pemeriksaan, gajah berusia 30 tahun dengan berat sekitar dua ton, mengalami pembengkakan serta luka pada bagian reproduksi.


 

“Luka pada organ reproduksi sudah dihinggapi larva. Upaya kita melakukan pembersihan terhadap luka, memberiman obat dan mengambil sampel darah gajah,” ujarnya.

 

 

Selanjutnya, sampel darah gajah akan dibawa menuju laboratorium.

 

"Sampel darah akan kita kirim ke laboratorium. Dari pantuan tim medis dilapangan, kondisi gajah mulai membaik usai menjalani pengobatan. Kini kita masih melakukan upaya pemantauan di lokasi,” tutup Fifin.