Tak Seperti Swasta, Syamsuar Pastikan Sekolah Negeri di Riau Taat Prokes

Syamsuar173.jpg
(Sigit Eka Yunanda/Riau online)

RIAUONLINE, PEKANBARU- Gubernur Riau, Syamsuar meyakinkan sekolah-sekolah di Riau khususnya sekolah negeri sudah dipastikan mengikuti protokol kesehatan sesuai standar yang diberikan oleh Satgas Covid-19. Salah satu indikasinya adalah penurunan angka positif.

"Sampai saat ini menurun, semua sekolah mulai dari SD hingga SMA Negeri yang ditanggungjawabi  pemerintah sudah sesuai dengan standar pelaksanaan protokol," tegas Syamsuar, Minggu 24 Oktober 2021.

Ia meyakinkan, fasilitas protokol kesehatan merupakan prasyarat yang harus dilengkapi sebelum sekolah boleh dibuka. Protokol ini pun dievaluasi secara berkala.

"Mereka tidak mungkin abai, tentu sudah prokes semua. Sebab kalau tidak prokes, tidak mungkin boleh dibuka.Mereka harus mempersiapkan dahulu peralatan prokesnya, baru boleh dibuka," tegas Syamsuar.

Diketahui, pekan lalu dua sekolah swasta di Pekanbaru ditutup oleh satgas Covid-19 karena melanggar protokol kesehatan.


Dua sekolah itu masing-masing berlokasi  di Jalan Air Hitam, Kecamatan Binawidya. Sementara satu sekolah lagi di Simpang Tiga, Kecamatan Bukit Raya.

Dari hasil pengawasan  tim di lapangan  selama proses belajar tatap muka peserta didik bebas berkeliaran di sekolah. Kondisi seperti itu dikhawatirkan bisa membahayakan keselamatan siswa.

Dua sekolah ini disebut melanggar prokes 5. dua poin di antaranya yakni menjaga jarak dan menghindari kerumunan.