5 Fakta Rumah Adat Selaso Jatuh Kembar yang Ramah Lingkungan

Rumah-Adat-Selaso-Jatuh-Kembar.jpg
(pariwisataindonesia.id)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Rumah Adat merupakan salah satu produk budaya berbentuk hunian yang berasal dari suatu suku bangsa yang menemati wilayah tertentu.

Riau merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki ragam jenis rumah adat. Kekayaan yang dimiliki provinsi yang terletak di Pulau Sumatera dijuluki Bumi Melayu ini tentunya merupakan bagian dari kekayaan di Indonesia.

Riau Online akan membahas mengenai Sejarah Melayu Riau, Rumah Adat Selaso Jatuh Kembar, simak ulasan berikut ini.

1. Sejarah Rumah Adat Selaso Jatuh Kembar

Istilah Selaso Jatuh Kembar memiliki makna yang berarti rumah dengan dua selasar. Masyarakat Riau juga menyebut rumah adat ini dengan sebutan Bakai Adat Selaso Jatuh.

Pariwisata Indonesia

Rumah Adat Selaso Jatuh Kembar

Rumah Adat ini bukanlah sebuah tempat tinggal melainkan sebuah balai yang digunakan untuk kegiatan musyawarah adat. Rumah adat Selaso Jatuh Kembar ini merupakan rumah adat yang dibuat oleh suku asli Riau.

2. Fungsi Rumah Adat Salaso Jatuh Kembar

Dulu Rumah Adat Salaso Jatuh Kembar ini sangat ramai karena kerap digunakan oleh warga untuk melaksanakan acara-acara adat lokal, seperti musyawarah, penobatan kepala adat, untuk rapat prihal desa dan bahkan untuk melaksanakan upacara adat.

 


Rumah Salaso Jatuh Kembar dulunya selalu ada di setiap desa di Wilayah Riau. Setidaknya, satu desa biasanya memiliki satu Rumah Adat Selaso Jatuh Kembar yang digunakan untuk kegiatan masyarakat.

Seiring dengan berjalannya waktu, peran Rumah Selaso Jatuh Kembar sebagai tempat melangsugnkan kegiatan seperti musyawarah mulai tergantikan oleh masjid-masjid dan rumah warga. Karena itulah keberadaan rumah adat ini sudah cukup sulit di temukan.

3. Bentuk Rumah Adat Selaso Jatuh Kembar

Sejarah Melayu Riau, Rumah Adat Selaso Jatuh Kembar selanjunya adalah bentuk khusus Rumah Adat Selaso Jatuh Kembar. Bangunan rumah ini memiliki keliling yang selaras antara penyangganya dengan lantai yang lebih rendah.

Rumah adat ini juga dipercantik dengan berbagai macam ukiran dengan bentuk tumbuhan dan hewan.masing-masing ukiran memiliki makna yang berbeda-beda.

Selain memiliki beragai macam ukiran, rumah adat ini juga memiliki ciri khasnya tersendiri yakni terdapat atap yang berbentuk silang di bagian depannya. Bentuk atap tersebut biasa disebut dengan sayok layangan atau dulo bayung, mempunyai dua loteng yang dinamakan Langsa dan Panas.

Struktur dinding yang miring, memiliki anak tangga dengan jumlah ganjil, terdapat ventilasi udara, lantai yang berbahan dasar kayu nibung, memiliki pintu atau gerbang rumah adat dan rumah adat ini juga memiliki Mini Selaso Jatuh Kembar.

4. Keunikan Yang Dimiliki Rumah Adat Salaso Jatuh Kembar

Yang membuat bangunan rumah adat Selaso Jatuh Kembar ini unik adalah material yang digunakan untuk mendirikan rumah tersebut karena berasal dari bahan yang sudah tersedia di alam.

Untuk atap mereka memanfaatkan daun rumbia serta daun pinah yang disusun dengan rapi.

Dan untuk mengingat antar daun dan tiang menggunakan tali rotan. Kemudian papan untuk dinding dan lantai memanfaatkan kayu kuat dan berkualitas kayu medang, meranti, punak dan merbau. Selain itu rumah adat ini juga memiliki keunikan lainnya yaitu mempunyai beragam ukiran yang cantik.

Adapun ukuran tersebut menghiasi seluruh bagian rumah seperti tangga, tiang, jendela, pintu, serta hiasan dindinlainnya.

5. Nilai Filosofil Rumah Adat Riau

Rumah adat riau dibuat dengan tujuan dan nilai filosofi yang sangat kental. Dalam rumah adat Riau terdapat banyak ukiran tiang gantung, kalok paku, pucuk rebung, sayap layangan, dan masih banyak lagi lainnya.

Ukiran tersebut melambangkan kerukunan, keharmonisan, kemanusiaan, dan nilai kehifupan masing-masing. Rumah adat Riau memang dibuat dengan memperhatikan segala aspek kehidupan, tak heran rumah adat Salaso Jatuh Kembar ini memiliki nilai yang sangat berharga.

Tentu saja Indonesia patut bangga dan terus menjaga kelestarian dari rumah adat Salaso Jatuh Kembar yang merupakan rumah adat khas Riau.

Sekian informasi mengenai Sejarah Melayu Riau, Rumah Adat Selaso Jatuh Kembar, semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.