Jangan Dipaksakan, Ini Tips Mengendarai Motor saat Hujan

hujan30.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Saat kondisi hujan lebat dan angin kencang, sangat tidak dianjurkan bagi pengendara motor untuk mengendarainya. Bahaya.

 

Selain jarak pandang berkurang, jalan yang licin akibat hujan ditambah angin kencang bikin pengendara gampang terjatuh.

 

Jika terpaksa harus riding, sebaiknya apa yang harus dilakukan oleh pengendara motor

 

Andry Berlianto selaku Praktisi Safety Riding and Safety Driving Indonesia memberikan solusinya jika mengalami hal tersebut.

 

 

"Boleh atau tidak boleh, tentunya boleh-boleh saja, namun ada faktor risiko yang tinggi seperti visibilitas menurun, reaksi menjadi berkurang dan terkena angin dari samping," ucap Andry Berlianto, dikutip RIAUONLINE.CO.ID dari gridoto.com, Rabu, 12 Oktober 2021.


 

"Lalu risiko menghantam jalan berlubang akibat genangan. Jalur jalan menjadi lebih licin dan berbahaya," tambahnya.

 

Andry menganjurkan kepada pengendara yang terpaksa riding saat hujan deras ditambah angin kencang.

 

Pertama, wajib kenakan perlengkapan riding saat hujan seperti jas hujan dan sepatu, serta kurangi kecepatan dari batas kondisi normal.

 

 

"Kurangi kecepatan dan pilih jalur yang sedianya paling aman dari bahaya berlebih seperti jalan berlubang tadi," 

 

Kemudian, komunikasikan perjalanan dengan keluarga atau yang berada ada di lokasi tujuan dan tetap prioritaskan keselamatan.

 

"Jika tidak dalam keadaan darurat harus jalan dan cuaca makin memburuk, maka berhenti akan jadi lebih aman seperti berteduh sambil beristirahat," pungkasnya.

 

Nah, saat memasuki cuaca yang tidak menentu seperti kondisi panas, kemudian hujan seperti belakangan ini terjadi agar selalu jaga kewaspadaan saat berkendara.