Gubernur dan Wakil Gubernur Tiba di Rumah Duka Datuk Seri Al Azhar

Syamsuar167.jpg
(DEFRI CANDRA /Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Gubernur Syamsuar dan Wakilnya Edi Natar Nasution sudah tiba di rumah almarhum Datuk Seri Al Azhar, jalan Sei Mintan, Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru, Rabu, 13 Oktober 2021.

Gubri dan Wagubri kompak mengenakan pakaian hitam putih serta memakai peci nasional.

Selain itu, sejumlah pejabat Riau mulai berdatangan mengunjungi rumah almarhum Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAM Riau, Tengku Al Azhar yang meninggal tadi malam.

 

Kabar meninggalnya budayawan sekaligus Ketua Majelis Kerapatan Adat Lembaga Adat Melayu Riau, Datuk Seri Al Azhar menyisakan duka mendalam masyarakat Riau.

"Patah teduduk tiang utama penyangga LAM," kata Seniman Riau, Budi Utami melalui pesan WhatsApp.


Kehilangan juga dirasakan Kartunis Riau Furqon Elwe. Ia membagikan sepenggal kisah bersama datuk Al Azhar lewat laman facebook.

"Suatu siang sekitar tahun 1999-2000, suasana politik di Riau lagi panas-panasnya sejak deklarasi Riau Merdeka yangg berpunca dari tuntutan DBH Migas 10% untuk Riau. Telpon saya berdering dihubungi sebuah nomor yang tak tercatat di hp sya. "Adinda Furqon, ini bg Al. Klu nanti ada apa-apa sehubungn kartun-kartun adinda yg terbit di koran, kasi tau abang ya."

 

 

Saya tercekat dan sungguh tak menyangka dukungan moril dari salah satu tokoh sentral gerakan tersebut. Gugup kemudian saya menjawab, "Baik Bang. Trimakasih."

Nomor itu sya simpan sampai sekrang. Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun. Selamat jalan Bang. Allahumma firlahu war hamhu waafihi wa'fuanhu."