Empat sekolah di Siak raih penghargaan Adiwiyata 2021

sekolah-siak.jpg
(istimewa)

Laporan: HENDRA

RIAU ONLINE, SIAK - Empat sekolah di Kabupaten Siak meraih penghargaan dari Gubernur Riau kategori sekolah peduli berbudaya lingkungan (Adiwiyata) tingkat Provinsi Riau tahun 2021.

Sekolah tersebut adalah SD Negeri 003 Banjar Seminai kecamata Dayun, SD Negeri 003 Muara Kelantan Sungai Mandau, SD Negeri 015 Rantau Panjang, Koto Gasib dan SMP Negeri 7 Kandis dengan nilai 84.07.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Riau, Syamsuar pada Peringatan hari ozon sedunia tingkat Provinsi Riau tahun 2021, di hutan wisata Alam Tahura Sultan Syarif Kasim, kecamatan Minas, kabupaten Siak, Rabu 6 Oktober 2021.

"Dengan ini saya juga ingin mengajak kepada seluruh sekolah untuk menghijaukan lingkungan sekolah dengan menanam pepohonan dan buah-buahan yang bermanfaat."


"Kelak jika besar dapat menyumbang oksigen yang bermanfaat bagi kita,"pintanya.

Gubernur Riau, Syamsuar menyampaikan, peringatan hari Ozon se-dunia tingkat Provinsi Riau untuk mengendalikan produksi dan konsumsi bahan perusak ozon yang diharapkan dapat mengingatkan kepedulian masyarakat Internasional.

"Karena lapisan ozon sebagai lapisan perisai Bumi, Negara maju dan berkembang termasuk Indonesia memiliki komitmen penuh untuk menjaga protokol matrial.

Temuan ilmiah belum lama ini mengungkapkan tingkat bahan perusak ozon di atmosfer meningkat 10 kali lipat di tahun 2050.

Kata dia, tindakan negara-negara pihak protokol matrial telah mencegah terjadinya kasus kangker kulit di dunia, katarak mata, matinya Pito pelangton (sumber makanan ikan kecil), biota laut serta penurunan imunitas tubuh manusia.

Lanjutnya, "pembangunan diarahkan dengan rendah karbon sehingga program yang akan dicanangkan ke depan yaitu Riau Hijau."

"Kosep Riau hijau ini sangat relevan dengan pengendalian ekonomi termasuk pengendalian bencana alam, seperti banjir, angin kencang, tanah longsor dan kekeringan," tutupnya.