IDI Kampar Serahkan Bantuan Korban Banjir Bandang Desa Ludai

bantuan-IDI.jpg
(istimewa)

Laporan: HARISEP ARNO PUTRA

RIAU ONLINE, GEMA - Banjir bandang menerjang puluhan rumah warga di Desa Ludai, Kecamatan Kampar Kiri Hulu Kabupaten Kampar, Ahad (29/8/2021) pagi lalu.

Bantuan untuk para korban terus mengalir hingga hari ini Sabtu (4/9/2021). Setelah Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar H Yusri memimpin pengiriman bantuan ke Ludai pada Kamis (2/9/2021) kemarin, hari ini Sabtu (4/9/2021) giliran pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kampar yang melakukan aksi kemanusiaan di salah satu desa pedalaman di Kabupaten Kampar tersebut.

Ketua IDI Cabang Kampar dr Ari Wirasto kepada wartawan mengatakan, ada 180 paket pakaian dan sembako diserahkan kepada Kepala Desa Ludai Firdaus di Pelabuhan Desa Gema, Kecamatan Kampar Kiri Hulu. Bantuan IDI Cabang Kampar diserahkan oleh Koordinator IDI Rayon Kampar Kiri. Keseluruhan bantuan dibawa melalui jalur Sungai Subayang dengan menggunakan empat perahu.

"Selanjutnya kepala desa akan mendistribusikan langsung ke masyarakat," ujar Dr Ari.


Ia mengungkapkan, kegiatan sosial di Desa Ludai dibawah kepengurusannya telah berlangsung dua kali dalam satu pekan terakhir.

Sebelum bencana melanda Desa Ludai, pengurus IDI Cabang Kampar melaksanakan kegiatan Ekspedisi Pedalaman Jilid I dengan bentuk kegiatan bakti sosial selama tiga hari, 27-29 Agustus 2021 di Desa Ludai dan Desa Pangkalan Kapas.

Kegiatan bakti sosial di dua desa ini di antaranya penyuluhan kesehatan, pembagian sembako, sunatan massal, bantuan obat-obatan dan bantuan infrastruktur pembangunan MCK.

Namun setelah kegiatan ekspedisi ini berakhir dan saat tim IDI Cabang Kampar dalam perjalanan pulang, pada Ahad pagi Desa Ludai diterjang banjir bandang.

Berkaitan kegiatan ekspedisi ke daerah pedalaman ini menurut dr Ari merupakan kegiatan rutin yang dilakukan pengurus IDI Cabang Kampar.

Pada kegiatan perdana di Desa Ludai dan Pangkalan Kapas IDI Cabang Kampar menerjunkan 9 orang dokter. Selain dirinya juga ikut turun Ketua Majelis Kehormatan Etika Kedokteran (MKEK) IDI Cabang Kampar dr Nur Aisyah yang juga mantan Ketua IDI Cabang Kampar dan Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat dr Desi Wahyuni, SpKj.

Selanjutnya pengurus IDI Cabang Kampar setelah dilantik pada Sabtu (11/9/2021) nanti akan melanjutkan Ekspedisi Pedalaman Jilid II ke Kecamatan XIII Koto Kampar.

"Pada periode kepengurusan saya ini setiap tahun kita akan melaksanakan ekspedisi ke desa-desa pedalaman yang sulit dijangkau dan sulit mendapatkan akses pengobatan. Supaya ada peran IDI yang dapat dirasakan oleh masyarakat terutama di daerah pedalaman," pungkas Ari.