Pemerintah Datangkan Pfizer dan AstraZeneca Lewat Jalur Komersial

gabungan-vaksin.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Guna mencapai target vaksinasi di Indonesia, Pemerintah Indonesia melalui jalur komersial mendatangkan empat jenis vaksin, yaitu: Sinovac, AstraZeneca, Pfizer, dan Novavax.

 

Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengatakan, setelah vaksin Sinovac yang telah datang dalam beberapa tahap, vaksin Pfizer dan AstraZeneca melalui jalur komersial ini juga mulai tiba di Tanah Air.

 

“Kedatangan Pfizer sebesar 1,5 juta dosis dan AstraZeneca sebesar 567 ribu dosis ini adalah kedatangan pertama dari vaksin business to business-nya kita,"  katanya dikutip RIAUONLINE.CO.ID di website setkab.go.id, Sabtu, 21 Agustus 2021.

 

Lanjutnya, dari empat jenis vaksin yang dilakukan secara business to business, tiga sudah mengirimkan dosis pertamanya dan sudah mengirimkan beberapa juga.

 

"Pertama adalah Sinovac yang sudah mulai dari tanggal 13 Januar," ujarnya lagi.

 

 


Lebih lanjut, Budi menjelaskan, hingga akhir tahun ini pemerintah akan mampu mendatangkan sebanyak 50 juta dosis vaksin Pfizer serta 20-30 juta dosis vaksin AstraZeneca melalui jalur komersial.

 

“Diharapkan sampai akhir tahun, kita bisa memperoleh 50 juta dosis dari Pfizer secara business to business. Sekitar 20-30 juta vaksin business to business dari AstraZeneca, untuk melengkapi 175 juta dosis vaksin Sinovac,” pungkasnya.