Momen HUT RI Jadi Pelecut BRGM Tumbuh Bersama Masyarakat

pembngunan-sekat-kanal.jpg
(BRGM)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Momentum peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, menjadi semangat baru Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM). Sejalan dengan tema Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, BRGM bertekad untuk tumbuh bersama masyarakat dalam mengelola gambut dan mangrove.

"Kita melibatkan masyarakat secara langsung karena masyarakat dekat dengan ekosistem ini,” ujar Kepala BRGM, Hartono, Selasa, 17 Agustus 2021.

Pelibatan masyarakat ini, diharapkan dapat peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pelaksanaan percepatan rehabilitasi mangrove. Selain itu pula, hal ini dilakukan guna memastikan adanya keberlanjutan dari program yang dijalankan BRGM.


"Ini untuk memastikan masyarakat mendapat manfaat langsung, tidak hanya terpulihnya ekologi, tapi juga manfaat ekonomi," jelasnya.

Hartono menjelaskan, pelaksanaan kegiatan rehabilitasi mangrove tahun 2021 telah melibatkan 464 pokmas dengan rata-rata anggota sekitar 34 orang yang tersebar di Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Papua dan Papua Barat.