4 Daerah di Riau Sudah Dimasuki Varian Delta, Syamsuar Bagikan Tips Khusus

Varian-Delta4.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Pandemi Covid-19 di Provinsi Riau belakangan menunjukkan trend peningkatan kasus pasien terkonfirmasi.

 

Data terbaru pada tanggal, Rabu, 11 Agustus 2021 setidaknya ada penambahan 1.175 kasus baru Covid-19 di Provinsi Riau.

 

Dengan penambahan pasien sembuh sebanyak 1.067 orang, dan ada 55 pasien Covid-19 meninggal dunia.

 

 

Kasus aktif di Provinsi Riau berjumlah 12.938 seperti dikutip RiauOnline dari laporan Situasi Covid-19 di Provinsi Riau pertanggal Rabu, 11 Agustus 2021.

 

Dengan pasien isolasi mandiri sebanyak 11.629 orang dan pasien di rawat di rumah sakit 1.309 orang.

 

Apalagi ada empat daerah kabupaten/kota yang mulai tanggal 10 Agustus sampai 23 Agustus 2021, yaitu Pekanbaru, Dumai, Rokan Hulu, dan Siak.

 

Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan tips dan cara-cara efektif dalam mencegah terjadi penularan Covid-19 yang tidak diinginkan.

 

Misalnya bagaimana mengantisipasi adanya lonjakan kasus terkonfirmasi positif Covid-19, pertama mempersiapkan tempat isolasi, penyediaan obat-obatan, oksigen, serta tempat isolasi terpusat/terpadu (Isoter) di daerah tersebut.

 

Apalagi saat ini ada empat daerah yang sudah dilaporkan adanya virus Covid-19 varian Delta yaitu Pekanbaru, Kampar, Bengkalis dan Siak.

 


Ia menyampaikan arahan agar bupati dan wali kota di daerah mempersiapkan upaya pencegahan yang baik.

 

"Termasuk tadi juga kita menyampaikan kepada para bupati berkenaan dengan penyiapan tempat isolasi terpusat. Penyiapan penambahan isolasi di rumah sakit," kata Syamsuar, Rabu, 11 Agustus 2021 di Gedung Daerah Provinsi.

 

Dia melanjutkan begitu juga penambahan tempat isolasi terpusat seandainya masih ada yang kurang.

 

 

 

 

Selanjutnya juga antisipasi adanya kehabisan obat-obatan untuk pasien Covid-19 di daerah.

 

"Penyediaan yang berkenan dengan obat-obatan. Jadi karena itu seandainya ada kekurangan obat-obatan. Tadi kita sudah diskusikan dan Pak dokter Indra Yovi termasuk dokter Wildan, juga memberikan masukan," ujarnya.

 

Syamsuar mengharapkan agar bupati, wali kota serta semua unsur di kabupaten/kota dapat bekerjasama.

 

"Ini dalam rangka untuk menyatukan sikap kita bersama sehingga dengan langkah-langkah hari ini. Kita harapkan bisa mengendalikan penularan Covid-19 di Provinsi Riau," pungkasnya.