Mahasiswa Kukerta UNRI Buat Kepala Desa Tersenyum, Ini yang Dilakukan

kebun-toga.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Mahasiswa Kukerta Balek Kampong Universitas Riau (Unri) 2021 di Desa Buluh Manis mendirikan Kebun Toga. Hal itu disebutkan ketua Mahasiswa Kukerta Balek Kampong Unri 2021 Yusuf Bimanggala.

Ia menyebut kegiatan ini dilakukan oleh Tim Kukerta UNRI bersama ibu-ibu PKK Desa Buluh Manis sebagai mitranya. 

 

"Kebun Toga ini letaknya di samping kantor Desa Buluh Manis yang semula tidak dimanfaatkan dan tidak terawat sehingga dimanfaatkan oleh Tim Mahasiswa Kukerta Balek Kampung UNRI sebagai kebun Toga," kata Yusuf, Rabu, 04 Agustus 2021.

 

Dia melanjutkan hasil Kebun Toga ini akan dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan jamu. 

 

"Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja unggulan. Penanaman tanaman obat ini bertujuan untuk melestarikan obat-obatan herbal yang biasa digunakan untuk meningkatkan imun tubuh," sebutnya.

 

Yusuf menjelaskan Kebun Toga ini sebagai bentuk sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat setempat pentingnya tanaman obat.

 


"Semoga warga Desa Buluh Manis mendapatkan manfaat dari Kebun Toga ini. Selain itu dimasa pandemi Covid-19, menjaga daya tahan tubuh sangat diperlukan untuk terhindar dari penyakit dan virus," ungkapnya.

 

Apalagi, dia menyebut tanaman obat ini bagian dari asupan nutrisi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Ia menceritakan tim melakukan gotong royong bersama Ibu-Ibu PKK.

 

"Kami gotong royong bersama dengan ibu-ibu PKK untuk membersihkan Kebun yang sebelumnya tidak dimanfaatkan. Setelah kebun tersebut dibersihkan mulai membuat dan menanami Toga seperti, lengkuas, kunyit, jahe, kencur, temulawak dan serai," beber Yusuf.

 

Setelah semua tanaman tersebut ditanam, selanjutnya diberikan pupuk kompos dan pupuk kandang yang telah dibuat. Yusuf menyebut timnya selalu memastikan tanaman obat tumbuh.

 

"Pada sore hari Tim Kukerta selalu menyiram Toga untuk memastikan Toga telah tumbuh dengan baik," pungkasnya.

 

Sementara itu, Kepala Desa Bulu Manis, Legimun memberikan apresiasi dan dorongan atas edukasi dan kerjasama yang dilakukan oleh tim Kukerta Unri.

 

"Atas kerjasama yang baik antara adek-adek mahasiswa, bersama masyarakat dan pemerintah desa. Saya sangat mendukung program kerja mendirikan Toga di Kebun Dasawisma ini karena manfaatnya juga sangat baik nantinya," kata Legimun singkat.