Warga Dipersilakan Beri Saran untuk RPJMD Riau Melalui Aplikasi

Syamsuar132.jpg
(Wayan Sepiyana/RiauOnline)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Gubernur Riau Syamsuar memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk ikut memberikan masukan terhadap perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Riau Tahun 2019-2024.

 

Ia menyebut perubahan RPJMD ini karena adanya beberapa hal penting dan mendesak untuk segera dilakukan perubahan, seperti adanya bencana pandemi Covid-19.

 

"Konsultasi publik perubahan RPJMD Provinsi Riau 2019-2024, tentunya perubahan ini dilaksanakan karena banyak hal. Pertama, karena tentunya ada bencana (Pandemi Covid-19), kemudian juga adanya awal dari pada penetapan RPJMD kita ini lebih duluan dari penetapan RPJMN," kata Syamsuar, Senin, 26 Juli 2021.

Dia menceritakan, RPJMN waktu itu belum keluar Perpresnya. "Tapi kita duluan (RPJMDnya), karena itu adanya ketidaksesuaian dengan RPJMN, karena ini RPJMD harus mengacu kepada RPJMN karena itu memang harus dilakukan revisi," sebutnya.

 


Syamsuar menyebut adanya dampak Pandemi Covid-19 berpengaruh terhadap target-target yang telah disiapkan pada RPJMD 2019-2024 tersebut.

 

"Jadi karena itulah perlu dilakukan revisi yang kita harapkan akan mendapatkan masukan dari berbagai pihak, karena itu salah satu produk perencanaan untuk menuju perubahan RPJMD itu harus ada konsultasi publik," ujarnya.

 

Pihaknya juga memberikan kesempatan bagi masyarakat yang ingin memberikan masukan terhadap perubahan RPJMD untuk mengakses aplikasi melalui Bappeda.

 

 

"Konsultasi publik hari ini, tidak menutup kemungkinan juga bukan hanya pada waktu acara sekian jam. Tapi masih terbuka aksesnya melalui Bappeda yang telah dipersiapkan aplikasinya. Masyarakat juga bisa memberikan masukan kepada Bappeda, kalau seandainya ada hal-hal yang patut nanti disempurnakan dalam RPJMD perubahan di masa yang mendatang," jelasnya.

 

Setelah semua proses selesai, maka selanjutnya akan diajukan perubahan Perda RPJMD kepada dewan. "Karena proses ini nanti, kalau sudah dilakukan ini nanti kita ajukan lagi perubahan Perda RPJMD kepada DPRD Riau," pungkasnya.