Ada 78 Titik Panas Terpantau di Sumatera, Riau Sumbang Tiga

Pemantauan-titik-panas-di-BMKG.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat adanya hotspot atau titik panas di Pulau Sumatera, Sabtu, 17 Juli 2021.

Forecaster On Duty BMKG stasiun Pekanbaru, Yudhistira mengatakan, ada 78 titik panas yang terpantau di Pulau Sumatera dengan penyumbang terbanyak itu Sumatera Utara.

"78 titik panas tersebut tersebar di sembilan provinsi," katanya, Sabtu, 17 Juli 2021.

Untuk sebaran titik panasnya sendiri, Bengkulu empat titik panas. Jambi ada enam titik panas. Lampung ada 15 titik panas. Sumatera Barat tujuh titik panas.

 

Sumatera Selatan sembilan titik panas. Sumatera Utara 31 titik panas. Kepulaun Riau satu titik panas. Bangka Belitung sebanyak dua titik panas.

"Di Provinsi Riau tiga titik panas," ujarnya.

Tiga titik panas di Riau ini tersebar di tiga kabupaten. Kabupaten Indragiri Hilir,  Indragiri Hulu, Rokan Hilir masing-masing terdapat satu titik panas.


 

 

 

Dari jumlah di atas, hampir seluruhnya berada di level rendah. Tepatnya dua titik di level rendah dan 20 titik di level sedang. Hal ini bisa diartikan di wilayah tersebut belum bisa dipastikan ada atau tidak aktivitas kebakaran hutan dan lahan.

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 - 34.0 derajat celcius dengan kelembapan udara 50– 95 %. Sementara arah angin berhembus ke arah Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan 05 – 40 Km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.01 - 1.50 meter (tenang).