Riau Kebingungan Cari Hewan Kurban Setiap Idul Adha, Ini Respons Arpah

Muhammad-Arpah2.jpg
(Sigit Eka Yunanda/Riau online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Wakil Ketua Komisi II DPRD Riau, Muhammad Arpah, menilai kebutuhan sapi di Riau Menjelang  hari raya Idul  Adha belum dapat dipenuhi Riau secara swadaya.Tak jarang untuk memenuhi kebutuhan kurban, sapi didatangkan dari provinsi lain.

 

Menurutnya hal ini tidak seharusnya terjadi. Tak hanya swadaya, menurutnya dengan  potensi yang cukup tinggi, Riau bisa meng-ekspor ke provinsi lain. Hal ini menjadi catatan kepada Organisasi Penyelenggara Daerah (OPD) terkait di bidang peternakan.

 

"Sebenarnya kita berharap melalui OPD Peternakan. Seharusnya tidak lagi lah kita setiap mau Idul Adha kita bicarakan cari sapinya dimana. Kita mestinya sudah ada program, agar ternak kita bisa kita impor ke daerah lain," ujar Arpah, Selasa 7 Juli 2021.

 

Ia mengingatkan  agar OPD peternakan dan kesehatan hewan untuk memaksimalkan upaya peningkatan produksi ternak di Riau untuk mencapai swadaya pangan.

 


"Itu makanya kita buat OPD Peternakan dan kesehatan hewan. Tapi kalau hanya sekadar kegiatan-kegiatan saja saya kira ini tidak  maksimal," tambahnya.

 

 

 

 

Terkait dengan kebutuhan daging di Idul Adha mendatang ia mengaku belum tahu persis karena baru akan dirapatkan pekan depan. 

 

"Terkait jumlahnya belum, minggu depan kita panggil," ungkapnya.

 

Ia berharap untuk memenuhi kebutuhan di Idul Adha mendatang dapat dimaksimalkan dengan mencari ternak di Riau dahulu.

 

"Kita coba koordinasikan dengan daerah-daerah di sekitar Riau yang mempunyai  peternakan. Disarankan ambil  yang terdekat saja, misalnya Kuantan Singingi," tutup Arpah.