Bukan Cuma Seekor, Samino Ternyata Diterkam Induk dan Anak Harimau

harimau-dumai.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Dari hasil pemeriksaan di lokasi kejadian, Samino diterkam lebih dari dua ekor Harimau Sumatera di Kelurahan Batu Teritip, Kecamatan Sei Sembilan, Dumai.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Suharyono menyebut, dari hasil identifikasi tim di lokasi, banyak ditemukan jejak harimau berukuran besar dan kecil. Samino diduga diterkam ibu dan anak harimau.

“Lebih dari dua individu, karena banyak ditemukan tapak kaki (harimau) di sekitar lokasi ditemukannya mayat, ada tapak berukuran besar dan kecil, kemungkinan indukan dan anaknya,” ucap Suharyono, Kamis, 1 Juli 2021.

 

 

Suharyono menambahkan, hingga kini harimau yang menerkam Samino belum teridentifikasi, namun tim sudah memasang sejumlah kamera trap di lokasi kejadian untuk memantau pergerakan harimau.

“Kami melakukan pemasangan kamera trap di lapangan untuk identifikasi dan orientasi di lapangan,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, bahwa lokasi ditemukannya mayat tersebut merupakan habitat dari Harimau Sumatera.

“Di wilayah itu merupakan lanskap Senepis yang meruapakan wilayah prioritas untuk habitat harimau,” pungkasnya.

 


 

 

 

 

Sebelumnya diketahui, seorang warga di Batu Teritip, Kecamatan Sei Sembilan, Kota Dumai ditemukan tewas dalam kondisi mengenaskan diterkam harimau ketika pergi berkebun.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Suharyono membenarkan adanya kejadian penemuan mayat karena diterkam Harimau Sumatera.

“Informasi awal kami dapatkan pada tanggal 28 Juni 2021 bahwa ada konflik harimau dengan manusia,” katanya.