Komisi III Dukung Razia Pajak Kendaraan Bermotor demi Tingkatkan PAD

Husaimi-Hamidi7.jpg
(Sigit Eka Yunanda/Riau online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-  Ketua Komisi III DPRD Riau, Husaimi Hamidi mendukung langkah Badan Penerimaan Daerah(Bapenda) yang akan melakukan penindakan razia terhadap kendaraan bermotor yang tidak taat pajak.

 

"Kita mendukung langkah Bapenda, apalagi kegiatan ini sudah dimasukkan ke APBD 2021. Ini langkah bagus mengejar target pajak kendaraan bermotor," ujar Husaimi, Kamis Juni 2021.

 

Husaimi ini menyebut langkah ini dimaksudkan untuk menambah pemasukan Pendapatan asli daerah (PAD) dan juga untuk menyadarkan masyarakat yang selama ini menganggap bahwa membayar pajak tidak berpengaruh ke mereka.

 

"PAD kita bertambah. Kemudian ada bedanya yang bayar pajak dan tidak. Selama ini kan sama saja," jelas Husaimi.

 

Husaini berharap dengan langkah tegas ini akan membuat masyarakat sadar untuk membayar pajak yang kepentingannya untuk masyarakat sendiri.

 


"Mudah-mudahan kesadaran Masyarakat membayar pajak meningkat," ungkapnya.

 

Selain itu, Husaimi menyebut Bapenda juga membuat 10 unit pelaksana pajak ini di daerah lain, tapi jika dilakukan razia akan sulit menarik pajak.

 

Terkait pendapatan dari pajak kendaraan bermotor, Husaimi menyebut target sebenarnya sudah mencukupi. Namun demikian, ia melihat masih bisa dimaksimalkan.

 

"Untuk sepeda motor tercapai, tapi tentu 2021 kita naikkan targetnya," ungkap Husaimi.

 

 

Dalam kunjungannya ke kabupaten kota, Husaimi menyebut sebetulnya animo masyarakat untuk membayar pajak cukup tinggi. Namun pada beberapa kasus memang perlu diingatkan.

 

"Animo masyarakat bayar pajak tetap tinggi kok. Karena rasa tanggung jawabnya ini mungkin. Sanggup beli mobil, beli motor pasti bisa bayar pajak," Tutup Husaimi.