Cara Cek Apakah Menerima Bantuan Sosial Rp 300 Ribu dari Pemerintah

Penerima-bansos2.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, RIAU-Warga yang termasuk penerima Bantuan Sosial (Bansos) Tunai berupa uang tunai Rp 300.000 akan segera mendapatkan pencairan akhir Maret 2021. Simak cara cek penerima bansos Rp 300 ribu dengan membuka dtks.kemensos.go.id.

Pelaksanaan bantuan sosial tersebut selama periode Januari hingga April 2021. Kementerian Sosial menyalurkan Bantuan Pangan Non-Tunai (BNPT), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Sosial Tunai (BST) akhir Maret ini.

Total anggaran yang digelontorkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) ini khusus untuk 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Dikutip dari laman Presidenri.go.id pada Rabu (17/3/2021), pencairan Bantuan Sosial Tunai Maret 2021 ditargetkan dilakukan pada minggu keempat di bulan yang sama. Dalam pelaksanaannya nanti akan bersamaan dengan pencairan BST untuk bulan April 2021 mendatang. Tujuannya agar masyarakat dapat melakukan pembelanjaan sesegera mungkin.

Untuk mengetahui cara cek penerima Bantuan Sosial Tunai Rp 300 ribu dan cara mencairkannya, simak ulasan berikut ini dengan baik dikutip dari Suara.com


Buka situs resmi dtks.kemensos.go.id

Lihat kolom paling atas yang terdapat beberapa pencarian data diri.
Pilih ID Kepesertaan yang diinginkan. Mulai dari NIK, ID DTKS atau BST, Kartu Sembako atau BNPT, dan Nomor PBI JK atau KIS. Anda bisa memilih ID sesuai keperluan untuk dapat mengakses situs.
Masukkan nomor kepesertaan yang dipilih dengan lengkap.
Masukkan nama yang tertera pada ID yang dipilih.
Masukkan kode yang tercantum
Klik Cari
Selanjutnya akan muncul keterangan apakah ID Anda terdaftar pada sistem atau tidak.

Cara Mudah Cairkan Bansos Tunai di Kantor Pos

Penerima Bantuan Sosial Tunai Rp 300.000 menerima surat undangan dari Ketua RT setempat. Surat tersebut berisi barcode dan informasi dasar penerima bantuan. Surat tersebut wajib dibawa saat ke kantor pos terdekat sebagai bukti untuk proses pencairan bantuan.


Selain membawa surat undangan, penerima Bansos Tunai juga wajib membawa KTP atau Kartu Keluarga. Setelah semua dokumen lengkap, segera datangi Kantor Pos dan tunjukkan kepada petugas.

Petugas akan melakukan pengecekan dan scan barcode yang terdapat pada surat undangan. Pencairan Rp 300.000 sukse dilakukan dan tidak ada potongan sama sekali.

Demikian cara cek penerima bansos Rp 300 ribu dengan membuka dtks.kemensos.go.id. Semoga bermanfaat dan gunakan bansos dengan sebaik-baiknya.