Pendaftar Pelatihan Kompetensi Membludak, Peserta Dibatasi 75, Pendaftar 300

Pelatihan-Disnakertrans-Riau.jpg
(Muthi Haura/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU -Disnakertrans Riau Unit Pelaksana Teknis Latihan Kerja (UPT-LK) Wilayah I membuka pelatihan berbasis kompetensi untuk masyarakat yang dibiayai Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) RI atau melalui APBN.

 

Kepala Bidang (Kabid) Penempatan dan Pelatihan Disnakertrans Riau, Eva Ismail mengatakan, untuk pendaftaran kali ini menggunakan sistem online. Proses seleksinya juga dilakukan secara virtual. Hal ini dikarenakan masih pandemi Covid-19.

 

Eva juga mengatakan, pasca pendaftaran dilakukan secara online dibuka hingga Jumat, 20 Februari 2021, peserta yang mendaftar sudah membludak, sehingga pendaftaran ditutup. 

 


"Untuk pendaftarannya saat ini sudah ditutup karena kuota nya sudah penuh. Sejak dibuka kemaren hingga saat ini yang mendaftar sudah mencapai 300 orang, sementara yang diterima hanya 75 orang," katanya. 

 

Peserta yang mendaftar tidak diwajibkan dari Riau. Warga dari luar Provinsi Riau bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti pelatihan berbasis kompetensi di UPT LK Wilayah I ini. 

 

"Ya tidak mesti orang Riau, peserta dari Provinsi lain pun bisa mendaftar dan mengikuti pelatihan ini karena pelatihan ini dibiayai APBN," ujarnya. 

 

 

Adapun paket jurusan atau program pelatihan yang dibuka adalah pemasangan instalasi listrik bangunan sederhana, Practical Office Advance, servis sepeda motor konvensional, pelatihan pembuatan roti dan kue, dan pelatihan asisten pembuat pakaian.