Pandemi Covid 19, Perayaan Imlek di Bengkalis Dengan Bakti Sosial

imlek-beng.jpg
(andrias)

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Memasuki perayaan Imlek ke 2572 tepatnya, Jumat 2021, warga Tionghoa di Kabupaten Bengkalis mengisi kegiatan dengan bakti sosial.

Bakti sosial digagas oleh pengurus yayasan Vihara Hok Ann Kiong Bengkalis bertujuan berbagi sesama masyarakat dimasa pandemi Covid-19.

Ketua yayasan Vihara Hok Ann Kiong Bengkalis, Herman Sukma menyebut, untuk pengamanan dalam perayaan Imlek, pihaknya sudah berkoordinasi dengan kepolisian Polres Bengkalis, TNI dan Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Bengkalis, agar tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

"Lantaran masih dalam pandemi Covid-19. Kita tidak ada melaksanakan pawai atau arak arakan keliling kota Bengkalis, itu biasanya dilaksanakan pada hari raya keenam. Tapi tahun ini ditiadakan," kata Herman Sukma, Senin 1 Februari 2021.


Pun demikian Herman menjelaskan, pelaksanaan sembahyang tetap dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

Dalam kondisi masih dalam pandemi Covid-19, maka perayaan Imlek Kabupaten Bengkalis untuk tahun 2021 ini hanya melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa pembagian sembako diberikan kepada keluarga pra sejahtera khusus untuk warga Tionghoa beragama Budha yang akan merayakan Imlek ke 2572.

"Kegiatan pembagian sembako berupa dor tu door dari rumah ke rumah. Sedangkan ritual sembahyang di Vihara Hok Ann Kiong Bengkalis menyambut hari raya Imlek dan hari jadi Dewa Chung Cui Cho Se akan dilaksanakan pada hari Jumat 12 Februari 2021 dimulai pukul 00.00 hingga malam pukul 22.00 WIB," terangnya.

Disampaikan, memperingati hari ulang tahun Dewa Chung Cui Cho Se yang jatuh pada Rabu tanggal 13-17 Februari 2021. Dari pagi jam 06.00 wib sampai pukul 22.00 wib. Akan dilaksanakan ritual sembahyang do'a kepada Tuhan (Thi Kong Sie) pada Jumat 19 Februari mulai jam 23.00 wib sampai Sabtu dinihari pukul 02.00 wib.

Disampaikanya, semua kegiatan sembahyang mengikuti protokol kesehatan, diantaranya menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, sebelum masuki area Vihara Hok Ann Kiong, semua tamu harus menjaga jarak, pemeriksaan suhu badan.

"Kita menghimbau umat yang akan sembahyang agar mengatur waktu kunjungan supaya tidak ada kerumunan," pungkasnya.