Ini Penjelasan Kadiskes Mimi Soal Vaksin Yang Dibawa Dengan Mobil Biasa

mimi-yu.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir memastikan pendistribusian vaksin Covid-19 pada, Selasa, 12 Januari 2021, sudah berjalan sesuai SOP.

Ia menjelaskan, setiap kardus yang membawa vaksin Covid-19 terdapat pendinginnya sesuai standar.

"Di setiap kardus ada pendinginnya, jadi memang itu standarnya sudah ada dari cara pendistribusian vaksin yang baik," kata Mimi, kepada RIAUONLINE, Rabu, 13 Januari 2021, saat menerima kedatangan vaksin tahap dua di Gudang Vaksin Unit Pelayanan Teknis (UPT) Instalasi Farmasi dan Logistik Kesehatan Diskes Riau, Jalan Kesehatan, Kota Pekanbaru.

Menurutnya, pendistribusian perdana vaksin Covid-19 sudah sesuai dengan tahapannya.

"Jadi itu sudah ada SOP tahapannya yang harus dilakukan, jadi tidak seperti pengiriman barang biasa," ujarnya.


Sebelumnya, beredar saat pendistribusian vaksin Covid-19 perdana kemarin, menggunakan mobil biasa yaitu Toyota Hilux.

Mimi pun memastikan vaksin Covid-19 yang dimasukan ke dalam mobil biasa itu suhunya sudah bagus.

"Gak papa, kan suhunya bagus, ya kan di dalamnya sudah ada pendingin di dalamnya itu, yang namanya ice break, jadi di dalam mobil juga ada AC," tegas Mimi.

Ia melanjutkan, pada saat sampai di lokasi pendistribusian vaksin terdapat suhu 5 derajat celcius. "Jadi tidak masalah," katanya.

"Nah, waktu dibuka di sana, suhunya juga 5 derajat celcius, gak masalah, masih dalam koridor 2-8, jadi gak masalah, itu juga sudah dimonitor sama Badan POM ada di sana waktu itu, jadi semua memonitor jadi kita gak bisa sembarang gitu, ya semuanya sudah berdasarkan SOP," pungkasnya.