Bengkalis Bakal Terima 2.589 Vaksin Covid-19

vaksin-covid-19-tiba-di-Pekanbaru4.jpg
(DEFRI CANDRA/Riau Online)

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Bengkalis dipastikan akan menerima alokasi vaksin sebanyak 2.589 dosis. Jumlah ini akan didistribusikan tiga tahap.

"Tahap pertama akan didistribusikan dari provinsi sebanyak 980 dosis vaksin. Kemudian pada tahap keduanya sebanyak 1.000 dosis vaksin, sedangkan sisanya sebanyak 609 masih menunggu informasi provinsi," kata Juru Bicara Satgas Covid 19 Bengkalis, Popi Yulia Santisa kepada RIAUONLINE.CO.ID, Jumat, 8 Januari 2021 petang.

Menurut Popy, vaksinasi tahap pertama ini diprioritaskan untuk SDM Kesehatan Bengkalis. Sesuai rencananya akan dilakukan tanggal, 13 Januari ini.

"Namun ini masih tentatif, kita masih menunggu konfirmasi dari provinsi. Kalau sudah pasti dari provinsi akan kita kabarkan," terangnya.

Ditambah Popy, sejauh ini pihaknya telah menyiapkan gudang penyimpanan vaksin. Beberapa hari lalu sudah dilakukan rapat koordinasi lintas sektor untuk persiapan vaksinasi ini.

Namun, diakui Popy lagi. Tim Satgas Covid 19 Bengkalis belum bisa memastikan kapan pendistribusian vaksin Covid 19 untuk Bengkalis. Pasalnya, pendistribusian vaksin ini masih menunggu surat izin edar dari BPOM RI.

"Kami masih menunggu informasi dari provinsi kalau sudah ada perintah untuk menjemput akan kami jemput langsung," tambahnya.

Sedangkan untuk definisi operasional SDM kesehatan adalah semua nakes dan non-nakes (penunjang adimistrasi, sopir, pengelola jenazah) di fasyankes swasta, pemerintah, praktek mandiri dan tempat karantina.

"Termasuk honorer, relawan, residen, internsip, koas, mahasiswa (semester akhir) kesehatan yang praktek di fasyankes," tambah Popy.

Popy menambahkan, hingga saat ini jumlah SDM kesehatan yang akan mendapatkan vaksinasi di Kabupaten Bengkalis sudah terdata sebayak 2.589 orang.