Warga Bunut Serahkan Beruang Madu Peliharaannya ke BBKSDA

Beruang-Madu-BBKSDA.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, menerima seekor beruang madu berusia empat tahun yang sebelumnya dipelihara oleh warga.

Warga di Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan, menyerahkan seekor beruang madu berjenis kelamin jantan dan berumur sekitar empat tahun ke BBKSDA Riau.

 

Dokter Hewan BBKSDA Riau, Rini Deswita, mengatakan, saat ini beruang dirawat di kandang transit sebelum dilepasliarkan ke habitatnya, Sabtu, 28 November 2020.

“Kita rawat di kandang transit kita pastikan sehat secara fisik dan tingkah laku setelah itu barulah bisa kita lepasliarkan ke alam,” terang Rini Deswita.

Menurut Rini Deswita, beruang madu tersebut sudah dirawat sejak masih kecil, tim dokter hewan BBKSDA juga rutin memeriksa kondisi beruang tersebut.

Setelah pemerisaan kesehatan, beruang akan menjalani masa transisi di kandang transit sebelum dilepas ke habitat aslinya.

Rini Deswita menambahkan, beruang madu saat ini perlu menjalani tahap rehabilitasi untuk memunculkan sifat liarnya sebelum dilepasliarkan ke alam.

“Kita letak di kandang dan tidak berinteraksi dengan manusia, lama kelamaan sifar liarnya bisa kembali,” ucap Rini Deswita.