Hari Kesaktian Pancasila, Kapolres Lepas Tim Relawan Pembuatan Sumur AKHLAG

wijatmiko.jpg
(istimewa)

LAPORAN : RISKI APDALLI

RIAU ONLINE, PELALAWAN - Dalam rangka peringatan hari Kesaktian Pancasila, Kapolres Pelalawan AKBP Indra Wijatmiko, melakukan pelepasan tim Relawan Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan Gambut (Rel-AHKLAG) guna pembuatan sumur AHKLAG, pada Kamis, 1 Oktober 2020.

Giat sumur AKHLAG yang akan dilaksanakan di wilayah hukum Polsek Teluk Meranti ini, tepatnya titik kordinat 0°15'06'N 102"5207"E 1,10, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan. Pelapasannya berlangsung di Mapolres Pelalawan bersama jajaran Polres Pelalawan.

"Daerah tersebut merupakan Lokasi rawan terjadinya Karhutla di Kabupaten Pelalawan," ungkap Kapolres AKBP Indra.

Adapun tim Rel-AKHLAG yang tergabung dalam pembuatan sumur AKHLAG tersebut, kata Kapolres Indra, penemunya dari Polri yakni, Ipda H. Samosir, selanjutnya Akademisi, Wartawan, Mahasiswa, dan penggiat lainnya terdiri dari Prof Dr. Ing. Eko Supriyanto, DR.Salmiati MPd, Dosen ST2P, Ferbrianti SP, M.Si, Abdul Khair Junaidi ST. M.Eng, Edward Pangaribuan, M.Si, Rindu Anatomi Putra, dan Wahyu Widodo.

Selain itu juga didampingi dari personil Polres Pelalawan lainnya mulai dari Kapolsek Teluk Meranti, Ipda Dymas, S.Trk, Iptu Mulian Dony, SH, Iptu Irwanto Tanjung, SH, Ipda H. Samosir, Bripka Handi Suhandi, Brigadir Masri, dan Bripda Agung.

"Langkah-langkah dalam pembuatan sumur AKHLAG, itu pertama melakukan penyegelan dengan menggunakan Sticker segel yang telah disiapkan oleh Tim. Kedua pembuatan buku, buku tersebut akan mencakup semua informasi yang terkait dengan sumur AKHLAG, yang berisikan mekanisme, tata cara pembuatan, fungsi, dan lainnya. Dan ketiga pembuatan aplikasi, aplikasi tersebut akan menampilkan informasi tentang posisi keberadaan sumur AKHLAG tersebut," terangnya.

Dilapangan tambahnya, tim akan melakukan pemeriksaan terhadap Sumur AKHLAG yang sudah dibuat pada tahun 2014 lalu oleh Ipda H. Samosir, yang berada di Kecamatan Teluk Meranti.

"Pada saat pengecekan sumur AKHLAG tersebut masih dapat berfungsi dengan baik. Dan selama giat berjalan aman dan terkendali," pungkas Kapolres AKBP Indra, kepada RiauOnline.co.id.