Pemprov Riau Dukung Pembangunan Tol Pekanbaru-Jambi

sekda-riau-yan-prana.jpg
(istimewa)

Laporan: DEFRI CANDRA

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau bersama Pemerintah Kabupaten/Kota: Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Pelalawan, Kampar dan Pekanbaru mendukung pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN) pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera Ruas (Jambi-Rengat-Pekanbaru).

Hal ini disampaikan saat sinergitas daerah dalam rangka Percepatan Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera Jambi - Rengat - Pekanbaru oleh beberapa perangkat daerah, Bupati Inhil, Bupati Kampar, Dinas PUPR, Dishub, BPN, Walikota, Sekda dan perangkat daerah lainya di Menara Lancang Kuning Lantai 8, Senin 24 Agustus 2020.

Rencana pembangunan Jalan Tol Ruas Jambi-Rengat (wilayah Provinsi Riau) dimulai dari STA, 116+500 (Desa Lubuk Besar) sampai dengan STA, 198+130 (Desa Sungai Dawu) dengan total panjang 81,63 kilometer.

Rencana lokasi dua interchange, pertama, Desa Danau Rumbai Kab. Inhu (IC Sencalang) sepanjang 2.250 km.


Ke dua Desa Pematang Jaya Kab. Inhu (IC Rengat) sepanjang 2.700 km.

Sedangkan, dua rencana lokasi Rest Area yaitu, Desa Kentang STA, 141+000 (Kabutapen Indragiri Hilir) dan Desa Talang Jerinjing STA, 189+200 ( Kabupaten Indragiri Hulu).

Sektretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Yan Prana Jaya mengharapkan percepatan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera cepat selesai.

"Kita kumpulkan Perangkat Daerah, Bupati, walikota, untuk mendukung kegiatan ini karena ini merupakan PSN yang sudah tunggu sejak lama, " ucapnya.

"Harapan kita nanti, semua orang ikut membantu termasuk masyarakat setempat. Kami juga akan memberikan sosialisasi dan mari bersama-sama kita mendukung kegitan pemerintah ini," pungkasnya.

Perlu diketahui, pemerintah akan membangun jalan tol ruas Rengat-Pekanbaru sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi, pemerataan pembangunan, kesejahteraan masyarakat, dan pembangunan di daerah.