Polda Riau Musnahkan 34 Kilo Sabu, Wakil Gubernur dan LAM Riau Puji Kinerja Polisi

Polda-Riau2.jpg
(Polda Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU- Wakil Gubernur Riau, Brigjen TNI (Purn) Edy Natar Nasution dan Ketua MKA LAM Riau Datuk H Al Azhar, bergantian memuji kinerja Polda Riau. Polda Riau berhasil mengungkap kasus peeredaran narkoba di Bumi Lancang Kuning.

Berkat kerja keras personel polisi,  di wilayah hukum Polda Riau sejak bulan Mei 2020, diketahui ada 291 orang pelaku tindak pidana yang positif mengkonsumsi Narkoba.

Disisi lain, kesadaran masyarakat yang peduli terhadap masalah Narkoba di Riau semakin meningkat, kepedulian tersebut di tunjukkan dengan cara memberikan informasi kepada pihak Kepolisian tentang adanya penyalahgunaan Narkoba di lingkungan tempat tinggal dan tempat kerja.

Alhasil berkat bantuan dan partisipasi masyarakat sehingga Direktorat Reserse Narkoba bersama jajarannya di satuan kewilayahan, berhasil mengungkap berbagai kasus besar pada beberapa waktu terahir ini.

Di antara narkoba yang dimusnahkan adalah 34,46 kilogram sabu-sabu, 585 butir pil ekstasi dan ekstasi bentuk serbuk 2.385,5 gram serta 87,6 kilogram ganja kering asal Aceh. Itu semua hasil pengungkapan Polda Riau dan jajaran selama sebulan terakhir.

Kapolda Riau, Inspektur Jenderal Polisi Agung Setya Imam Effendi mengatakan bahwa pemberantasan narkoba tidak hanya sebatas tugas kepolisian, namun juga tugas bersama seluruh pihak. Selama ini, dia menuturkan bahwa setiap pelaku kejahatan baik itu begal, rampok, copet, pencurian, pencabulan, mayoritas pengguna narkoba.

"Kami tes urin pada setiap pelaku kejahatan yang ditangkap, mulai dari copet, curi, cabul, rampok, 98 persen mereka semua positif narkoba. Narkoba biang dari kejahatan," tegasnya.

Untuk itu, dia mengatakan perlu komitmen bersama dalam upaya memberantas narkoba, termasuk peran LAM Riau sebagai benteng kebudayaan masyarakat Bumi Lancang Kuning.

"Kita tidak berpangku tangan dengan ini semua. Saya ingin tekankan Pemberantasan narkoba tugas kita bersama. Saya juga ingin mengajak LAM bersama-sama kami berantas narkoba," ujarnya.

Polda Riau pada 2020 ini terus menggencarkan perang terhadap narkoba. Selain meningkatkan pengawasan di perbatasan, Polda Riau juga meluncurkan pusat layanan pengaduan WhatsApp di nomor 0811-7752-3131

Wakil Gubernur Riau Brigjen TNI Purn Edy Natar Nasution yang hadir di lokasi juga mengapresiasi kinerja Polda Riau dalam memberantas Narkoba di Riau. Katanya, Pemerintah Provinsi Riau juga melakukan berbagai upaya untuk memberantas narkoba. Satu di antara cara yang dilakukan adalah dengan melakukan cek urine bagi para ASN.

"Terimakasih dan apresiasi kepada Polda Riau, yang begitu gigih memberantas narkoba yang ada di Provinsi Riau. Kita harapkan riau kedepannya bersih dari narkoba," katanya.

Senada denga Wakil Gubernur Riau, Ketua MKA LAM Riau Datuk H Al Azhar pun menyambut baik pemusnahan narkoba yang dilakukan Polda Riu, khususnya karena melakukan pemusnahan di halaman LAM.

"Kami berterimakaih kepada Kapolda Riau dan jajaran atas kerja keras nya untuk memberants narkoba yang ada di bumi melayu ini," katanya.