Rekomendasi Sudah Keluar, Wali Kota Segera Tunjuk Plt Sekda Pekanbaru

Firdaus4.jpg
(pekanbaru.go.id)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sudah mengeluarkan rekomendasi terkait posisi Sekda Pekanbaru. Wali Kota pekanbaru, Firdaus pun segera menunjuk Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru.

Walikota mengatakan, proses administrasi dari penyegaran organisasi di jajaran pemerintah kota (Pemko) Pekanbaru, rangkaian dari assessment yang dilakukan dari beberapa bulan yang lalu, sebelum Covid masih berjalan. 

"Prosesnya kan panjang. Memang untuk tahap awal, berkaitan dengan KASN memang sudah ada yang keluar, tapi masih ada yang harus kita diskusikan. Insya Allah kalau semua sudah tuntas nanti kita rencanakan akhir bulan ini," kata Walikota, Senin 8 Juni 2020.

Walikota mengaku, sekarang lebih fokus pada Covid. Kalau Covid ini betul-betul selesai, baru memberlakukan apa yang menjadi keputusan kebijakan KASN. Ditanya apakah sudah ada nama yang muncul untuk pengganti Sekda, Ia mengaku belum ada. 

"Belum. Sekda itu assessment. Itu yang ada nanti Plt (Pelaksana tugas). Plt dulu. Rencana kita akhir bulan ini. Mudah-mudahan Covid aman, kita baru penyegaran. Prosesnya juga belum tuntas," jelasnya.

Ia menjelaskan, pembinaan kepegawaian dari 5 tahun lalu berubah drastis. Kalau 5 tahun lalu, saat Ia masih periode pertama, semua bisa diputuskan oleh Walikota saja. "Sekarang ndak, itu kita juga dari hasil pembahasan ada lagi pandangan mereka (KASN), diskusi lagi," jelasnya seperti yang dilansir dari Pekanbaru.go.id

Selama Covid, Ia mengaku beberapa kali Video conference dengan KASN, mendiskusikan. Artinya, kata dia, pemerintah sangat peduli dengan penyegaran organisasi. 

Di sisi lain, karir pegawai negeri juga tidak diabaikan. Jadi jika dipastikan digeser, kata dia, pemerintah juga memikirkan seperti apa nanti karir pegawai. 

"Kalau diteruskan, kinerja bagaimana. Jadi dua sisi, kinerja, karir. Karir diperhatikan, kinerja juga harus jadi pertimbangan. Kalau kinerja tak baik, ya ganti. Tapi mau kemanakan," tutupnya.