Begini Kronologis Harimau Terkam Penyadap Karet, BKSDA Pasang Kamera Trap

Sofyan-Diterkam-Harimau.jpg
(Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Sofyan, warga Desa Sepahat, Kecamatan Bandar Laksamana, Kabupaten Bengkalis diterkam Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) di kebunnya, Kamis 4 Juni 2020.

Kepala Desa Sepahat, Azlan mengatakan konflik antara manusia dan harimau itu terjadi sekitar pukul 07.00 WIB. Saat sedang asyik menyadap karet, Sofyan diserang harimau.

Panik, Sofyan berusaha menyelamatkan diri dan berusaha memanjat pohon karet sembari berteriak. Namun Harimau berhasil menggapainya dan melukai kakinya. Korban berteriak sehingga kawannya datang dan Harimau tersebut menjauh.


Korban segera dilarikan ke Puskesmas setempat dan kemudian dirujuk ke RS di Dumai.

Kepala Balai Besar KSDA Riau, Suharyono mengatakanbegitu menerima laporan, Balai Besar KSDA Riau segera menurunkan Tim Resort Bukit Batu untuk melakukan olah TKP dan indentifikasi satwa liar yang menyerang warga.

"Segera akan dilakukan pemasangan kamera trap/jebak di lokasi kejadian untuk memastikan individu satwa penyerang warga," katanya.

Dia pun meminta masyarakat sekitar lokasi untuk sementara mengurangi aktifitas dilokasi terjadinya konflik dan tidak melakukan tindakan yang dapat membahayakan satwa serta tidak melaķukan tindakan anarkis terhadap satwa tersebut.