Sang Ayah Sudah Sembuh, Satu Keluarga di Pekanbaru Positif Covid-19

jubir.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kasus pasien positif virus corona atau Covid-19 di Riau terus bertambah. Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Covid-19 Riau, dr Indra Yopi, Senin 20 April 2020 kembali mengumumkan adanya penambahan empat kasus pasien positif Covid-19 di Riau.

Dengan adanya penambahan empat kasus baru tersebut, maka total pasien positif korona di Riau sudah mencapai sebanyak 34 kasus. Dengan rincian 21 masih dirawat, kemudian 9 sudah sehat dan 4 orang meninggal dunia.

Empat kasus baru yang diumumkan hari ini diantaranya adalah pasien nomor 31, laki-laki, inisial SY, usia 69 tahun, warga Rumbai Pekanbaru. Saat ini dirawat di RSUD Arifin Ahmad. Pasien SY ini memiliki riwayat perjalanan dari daerah terjangkit. Yakni dari Bekasi dan transit di Lampung kemudian ke Pekanbaru.

Kemudian untuk pasien nomor 32 atau pasien kedua yang diumumkan hari ini adalah pasien MRS, usia 16 tahun, warga Kecamatan Tampan Pekanbaru.

"Pasien MRS ini sebelumnya adalah ODP, dan sudah dijemput untuk dilakukan perawatan di RSUD Arifin Ahmad," kata Indra Yopi.

Pasien MRS ini merupakan anak dari pasien SS yang sebelumnya dinyatakan positif dan sudah sembuh.

"Jadi antara MRS dan SS ini ada kontak erat," katanya.

Hasil kontak tracing yang dilakukan tenaga kesehatan terhadap pasien SS tidak hanya menemukan kasus baru pasien positif korona yang merupakan anak dari pasien SS yakni MRS, namun belakangan istri dari pasien SS, yakni Nyonya DA juga dinyatakan positif Covid-19. Nyonya DA ini merupakan ibu dari MRS dan istri dari tuan SS.

"Jadi suaminya sudah sembuh, setelah dilakukan kontak tracing ternyata ketemu dua orang yang positif, yaitu anak dan istrinya," ungkapnya.

Terkahir, pasien nomor 34 adalah pasien inisial IRD, warga siak hulu, Kampar. Saat ini sudah dirawat di RSUD Bangkinang.

"Pasisn IRD memiliki kontak erat dengan pasien S yang saat ini masih dalam perawatan. Kemudian setelah dilakukan kontak tracing, ketemulah anak dari ibu S ini yang positif," ujarnya.

Dengan adanya penambahan kasus baru ini,, Dinas Kesehatan Provinsi Riau langsung melakukan tracing kontak terhadap pasien SY(69), MRS (19), DA (42) dan IRD (24). Dalam melakukan tracing ini kami bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Polda Riau.

Hasil tracing kontak dari pasien S (42/Kampar) terdapat 5 kontak erat, dimana 1 diantaranya positif covid-19. Kemudian hasil tracing kontak dari DS (31) terdapat 3 kontak erat yang ketiganya hasil uji swabnya negatif . Selanjutnya hasil tracing kontak dari R (58) terdapat 3 kontak erat yang ketiganya hasil uji swabnya negatif sedangkan hasil tracing kontak SS (47) terdapat 2 kontak erat yang hasil uji swabnya keduanya positif.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tingkatkan kewaspadaan, lakukan pembatasan fisik (physical distancing) . Walaupun tidak sakit, belum tentu orang yang kita temui itu negatif covid-19 dan tidak menyebarkan virusnya. Maka pilihan yang terbaik adalah tetap di rumah dan hindari keramaian," katanya.

Bila harus keluar, gunakan masker (lebih baik menggunakan masker kain daripada tidak sama sekali) sesuai dengan imbauan Gubernur Riau Nomor 96 Tahun 2020 tentang penggunaan masker untuk mencegah penularan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Rutin mencuci tangan (lebih efektif mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dibandingkan hand sanitizer)

"Jaga pola hidup sehat, makan buah dan sayuran, berolahraga rutin dan konsumsi vitamin yang cukup," katanya. (*)

-->