Lagi Warga Kampar Positif Covid-19, Riwayat Perjalanan Pasien Belum Diketahui

indra-yopi.jpg
(riauonline)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kasus pasien positif virus corona di Riau terus bertambah. Senin 6 April 2020, Juru Bicara (Jubir) Penanganan Covid-19 Riau, dr Indra Yopi kembali mengumumkan penambahan satu pasien positif corona. Dengan adanya penambahan satu pasien positif corona ini, maka jumlah pasien positif corona di Riau sudah mencapai 12 orang.

"Total di Provinsi Riau terdapat 12 kasus positif. 11 dirawat dan 1 orang sudah sembuh dan sudah dipulangkan," kata dr Indra Yopi.

Ia menjelaskan, pasien ke 12 positif covid-19 di Riau berinisial S usia 42 tahun. Pasien ke 12 ini merupakan warga Kabupaten Kampar sama dengan pasien ke 11 berinisial HN (38) juga dari Kampar. Sehingga total sudah ada dua warga Kampar yang positif covid-19.

"Untuk riwayat perjalanannya dari pasien S ini saya belum mendapatkan laporannya," kata dokter spesialis paru RSUD Arifin Ahmad ini.


Dengan penambahan kasus positif ini, Dinas Kesehatan Provinsi Riau langsung melakukan tracing kontak dari pasien 4 ini. Dalam melakukan tracing ini kami bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar dan Polda Riau

"Kami kembali mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan jangan panik. Lakukan pembatasan fisik (physical distancing)," katanya.

Meskipun tidak sakit, kata dr Indra Yopi, belum tentu orang yang ditemui itu negatif covid-19 dan tidak menyebarkan virusnya. Maka pilihan yang terbaik adalah tetap di rumah dan hindari keramaian.

"Bila harus keluar, gunakan masker, lebih baik menggunakan masker kain dari pada tidak sama sekali," katanya.

Selain itu, dr Indra Yopi juga mengajukan agar masyarakat rutin mencuci tangan, lebih efektif mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dibandingkan hand sanitizer. Kemudian jaga pola hidup sehat, makan buah dan sayuran. Berolahraga rutin dan konsumsi vitamin yang cukup. (*)