Kadiskes Riau Pastikan Tidak Ada Penambahan Pasien Positif Corona

corona-ekspos.jpg
(riauonline)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir memastikan tidak ada penambahan pasien positif corona di Riau. Hingga saat ini di Riau baru ada satu pasien positif corona.

"Belum ada penambahan, Kami sudah klasifikasi ke Kemenekas yang membawahi hasil lab pasien suspek corona. Tidak ada penambahan pasien positif dari Riau,"kata Mimi, Kamis 19 Maret 2020.

Pernyataan ini sekaligus membantah pernyataan yang disampaikan Juru Bicara (Jubir) pemerintah untuk penanganan virus corona atau Covid-19, Achmad Yurianto yang mengumumkan perkembangan terbaru kasus pasien positif corona di Indonesia.

Jumlah total kasus positif corona di Indonesia hingga Kamis (19/3/2020) berjumlah sebanyak 309 orang. Bertambah 83 orang dari hari sebelumnya. Dari 83 kasus baru tersebut satu diantaranya ada di Riau. Sehingga total kasus pasien positif corona di Riau berjumlah sebanyak 2 orang.

Sementara Jubir Penanganan Cobid-19 Riau, dr Indra Yopi mengungkapkan, sebelumnya, saat ada kasus pertama pasien yang positif corona di Riau, Rabu 18 Maret 2020 kemarin, pihaknya diberitahukan melalui surat resmi dari Jakarta yang dikirim melalui email dua jam sebelum diumumkan.

"Kemarin mereka itu pakai surat dikirim ke email dan surat resminya langsung dikirimkan kurang lebih dua jam sebelum pengumuman resmi dari Pak Yurianto Jubir pemerintah untuk penanganan Covid -19 nasional," katanya.

Dengan belum diterima surat resmi dari pusat, maka pihaknya masih berpegang dengan data yang ada saat ini. Yakni 1 pasien positif corona di Riau.

"Artinya data di Riau yang ada saat ini masih sama dengan yang kemarin, masih 1 yang positif," ujar dokter spesialis RSUD Arifin Ahmad ini. (*)