7 Unit Mesin Tambah Daya Listrik Bengkalis Telah Beroperasi

mesin-daya.jpg
(istimewa)

Laporan: ANDRIAS

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Sebanyak 7 unit mesin tambahan dengan total daya 3 MW (MegaWatt) telah beroperasi, sejak Minggu, 15 Maret 2020.

Hal ini dikatakan Manager Pusat Listrik Bagan Besar di Bengkalis, Iwan Eka Putra kepada sejumlah awak media, Kamis, 19 Maret 2020.

"Alhamdulillah telah dapat di selesaikan pekerjaan instalasinya dan telah beroperasi pada tanggal 15 maret 2020," kata Iwan Eka Putra.

Iwan sapaan akrabnya menambahkan, saat ini mesin telah beroperasi dengan baik.

"Dengan beroperasinya mesin tersebut daya mampu pembangkit PLTD Bengkalis saat ini menjadi 23,100 kw MW sedangkan Beban Puncak tertinggi 19,7 MW. sehingga ketersediaan daya sistim pembangkit dalam kondisi aman dimana kita memiliki cadangan daya 3.400 kw dari kebutuhan bengkalis saat ini," jelasnya.

Disamping itu lanjut Iwan, adanya penambahan terhadap ketersediaan daya ini akan dapat meningkatkan keandalan dalam menjaga kecukupan daya saat adanya pemeliharaan mesin pembangkit kedepannya.

"InsyaAllah, dengan tambahan ini akan dapat mengantisipasi lonjakan beban pada saat Ramadhan nantinya," harapnya.

Sebelumnya, Manager Unit Pelayanan PLN Bengkalis, Hasdedy menargetkan penambahan daya mampu sebesar 3 MW rampung diakhir maret ini.

Upaya itu, dilakukan oleh PLN bengkalis guna memaksimalkan dalam melayani kebutuhan kelistrikan pulau Bengkalis, sehingga diharapkan dapat memancing investor yang ingin memgembangkan usahanya di pulau bengkalis ini.

"Disamping itu, kita sampaikan juga kepada masyarakat untuk konsisten dalam membayar tagihan listrik setiap bulan, karena tidak lancarnya pembayaran tagihan rekening listrik akan berpengaruh kepada kelancaran pasokan listrik ke masyarakat" ujar hasdedy.