Cegah Corona, Syamsuar Minta Kepala Daerah Telusuri Warga Baru Pulang Tabligh Akbar

syamsuar-usai-pelantikan.jpg
(hasbullah)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Pemprov Riau mengumumkan salah satu warga Riau suspek virus corona atau covid-19 diketahui baru pulang dari Malaysia. Warga Riau suspek corona ke Malaysia mengikuti acara Tabligh Akbar yang digelar di Masjid Sri Petaling Jemak, Malaysia.

Malaysia mengumumkan 190 kasus virus corona baru diyakini berkaitan dengan acara tabligh akbat tersebut. Sebelumnya Malaysia mengumumkan ada 12 warganya terinfeksi Covid-19 usai menghadiri acara tersebut.

Dalam acara tabligh akbar di negeri jiran tersebut dihadiri sebanyak 16.00 orang dari berbagai negara. Termasuk Indonesia. Belakangan terungkap ternyata ada warga Riau yang suspek corona ikut dalam acara yang berlangsung pada 27 februari hingga 1 Maret 2020 tersebut.

"Iya benar, warga kita (Warga Riau) yang baru pulang dari tabliq akbar," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, Senin 16 Maret 2020 membenarkan ada warga Riau yang suspek corona saat pulang dari acara Tabliq Akbar di Malaysia.

Mendapat kabar tersebut, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar langsung memerintahkan bupati walikota dan tokoh agama untuk melacak warganya siapa saja yang ikut dalam acara tabligh akbar di Malaysia tersebut.

"Kita sedang telusuri, ada beberapa warga Riau yang ikut acara itu (tabligh akbar) dan sudah pulang ke sini (Riau). Tapi di mana tinggalnya, tadi saya sudah minta masing-masing bupati, walikota dan tokoh agama agar nanti menginformasikan ke kita kalau tau dimana tempat tinggalnya, supaya nanti bisa kita cek kesehatanya," kata Syamsuar.

Diperkirakan jumlahnya ada banyak, namun Gubri Syamsuar belum bisa memastikan berapa persisnya. Sebab saat ini pihaknya masih melakukan penelusuran bersama pihak terkait termasuk pemerintah kabupaten kota di Riau.

"Belum jelas, kita tidak bisa berandai-andai,"ujarnya. (*)