RoRo Dumai - Malaka Dioperasikan Oktober Mendatang

Syamsuar-Duduk-di-Lantai-Feri-Roro.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAUONLINE, PEKANBARU - RoRo Dumai - Malaka akan dioperasikan akhir tahun ini. Sesuai kesepakan delegasi Indonesia - Malaysia, RoRo Dumai - Malaka harus sudah bisa dioperasikan Oktober 2020 mendatang.

Namun sebelum Kapal RoRo Dumai - Malaka dioperasikan, Pelabuhan Sri Junjungan Dumai yang akan dijadikan tempat berlabuh kapal ini harus dilakukan peningkatan kapasitas terlebih dahulu.

Peningkatan kapasitas pelabuhan ini harus dilakukan seiring dengan adanya peningkatan kelas pelabuhan dari domestik, Dumai - Rupat menjadi pelabuhan international Dumai - Malaka. Saat ini Pemprov Riau sedang mempersiapkan dokumen lelang untuk pekerjaan proyek peningkatan pelabuhan sri junjungan di Dumai.

"Sekarang lagi persiapan dokumen lelang untuk pekerjaan peningkatan pelabuhan. Jadi pelabuhan yang ada sekarang itu kita tingkatkan kapasitas, menjadi lebih besar lagi dan kekuatannya ditambah lagi. Kalau sekarang kan itu pelabuhan domestik, itu akan ditingkatkan lagi kapasitasnya sehingga bisa digunakan untuk pelabuhan RoRo Dumai - Malaka," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau, Taufik OH, Selasa 18 Februari 2020.

Dengan ditambahnya kekuatan dan kapasitas pelabuhan tersebut, maka diharapkan nantinya pelabuhan tersebut bisa digunakan untuk menaikkan dan menurunkan penumpang dari kapal yang berkapasitas 1500 GT hingga 3000 GT.

"Kalau dengan kondisi pelabuhan yang sekarang itukan baru untuk kapal berkapasitas 400 GT. Makanya perlu ditingkatkan lagi supaya kapal yang kapasitasnya 1500 GT sampai 3000 itu bisa menggunakan pelabuhan itu," ujarnya.

Pihaknya berharap proses pekerjaan pelabuhan RoRo Dumai - Malaka bisa selesai dikerjakan sebelum Oktober 2020. Sebab sesuai kesepakatan delegasi pemerintah indonesia dengan malaysia, RoRo Dumai - Malaka dioperasikan Oktober 2020.

"Harapan kita segera selesai lelanh, sebelum oktober harus sudah selesai, karena progres di IMTGT terakhir disepakati oleh delegasi malaysia, indonesia dan thailand RoRo Dumai - Malaka itu harus dioperasikan di Oktober 2020 ini,"ucapnya. (*)