Ada Wacana Parliamentary Threshold, Begini Persiapan Gerindra

Muzani-gerindra.jpg
(hasbullah)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sekretaris Jenderal DPP Gerindra Ahmad Muzani, mengingatkan partainya untuk bisa bersiap di Pileg 2024 menyusul beberapa fraksi di DPR RI mulai berpikir menaikkan Batas Ambang Parlemen atau Parliamentary Threshold (PT).

"Ada pikiran menaikkan PT dari 4 persen menjadi 4,5 atau 5 persen. Termasuk juga dipikirkan apakah PT dilakukan berjenjang, di provinsi dan kabupaten. Jadi bagi yang tidak lolos PT, tidak akan ada anggota DPRD kabupaten, Provinsi maupun DPR RI nya," kata Anggota DPR RI komisi II ini, Jumat, 17 Januari 2020.

Proses ini, ujarnya memang masih sebatas wacana, namun bila terjadi, Gerindra harus siap. Makanya konsolidasi dinilai Muzani sangat penting karena demokrasi di masa depan akan makin sulit.

"Menjadi anggota DPRD pun makin berat, meski parpol mungkin akan lebih sedikit, bukan berarti lebih ringan. Maka yang sudah dinyatakan duduk ini, harus menggunakan momentum ini dengan baik," tambahnya.

Sidang-sidang dan reses-reses harus dimaksimalkan dengan baik.

Muzani juga menyindir kader yang tidak peduli dengan partai. Sebab, sehebat apapun seorang kader jika tanpa partai ia tidak akan bisa menjadi anggora DPRD maupun DPR RI.

"Partai harus hidup, kader harus jalan, rekrutmen jalan, struktur partai harus hidup sampai tingkat bawah ranting," ulasnya.