Uji Coba Tol Pekanbaru - Dumai Berakhir, Maret Akan Dibuka Kembali

Gerbang-Tol-Pekanbaru-Dumai.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Tol Pekanbaru - Dumai Seksi I (Pekanbaru - Minas) yang mulai difungsionalkan sejak tanggal 23 Desember 2019, resmi ditutup Kamis (2/1/2020) pukul 16.00 WIB.

Dengan berakhirnya masa fungsional Tol Pekanbaru - Dumai yang dibuka selama 11 hari, PT Hutama Karya (Persero) kembali melanjutkan pembangunan tol Pekanbaru - Dumai untuk seksi II hingga VI.
Pihaknya menargetkan Maret 2020, Tol Pekanbaru - Dumai sudah bisa dibuka kembali untuk dioprasionalkan.

Namun sebelum dioperasional, terlebih dahulu akan dilakukan Uji Layak Operasional (ILO) yang dilakukan oleh tim. Setelah ILO selesai, dan tim menyatakan layak operasi, maka Tol Pekanbaru - Dumai akan dibuka untuk dioperasionalkan.

"Untuk ILO kita perkirakan di bulan Februari 2020. Mudah-mudahan kalau tidak ada halangan Maret 2020 sudah bisa dibuka kembali untuk dioperasionalkan," kata Kepala Cabang Operasional Tol Pekanbaru - Dumai, Indrayana, Kamis 2 Desember 2020.

Indra mengungkapkan, selama masa fungsional lebih kurang 11 hari, antusias masyarakat melewati tol Pekanbaru - Dumai Seksi I cukup ramai.

Selain antusias masyarakat yang tinggi, selama masa fungsional ini pengendara yang melewati tol Pekanbaru - Dumai seksi I juga sudah mulai paham dengan aturan-aturan berkendara di jalan tol. Salah satunya adalah dengan menggunakan kartu e tol atau e money.

"Perlahan mereka masyarakat kita sudah mulai memahami bahwa untuk masuk tol itu harus punya kartu, e tol, atau e money. Empat hari pertama memang masih banyak yang kita bantu, tapi sekarang pengendara sudah mulai paham. Sampai dengan hari ini kita perkirakan sudah 80 persen mereka sudah memiliki kartu e tol," katanya. (*)