Aktual, Independen dan Terpercaya


Banyak Remaja Perokok, Ners Muda UR Beri Penyuluhan di SMK Kansai

penyuluhan-rokok.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ners Muda Fakultas Keperawatan Universitas Riau menggelar sosialisasi bahaya merokok kepada siswa yang bersekolah SMK Kansai Pekanbaru, Selasa, 3 Desember 2019.

Sosialisasi ini diisi dengan materi mengenai pentingnya menjaga diri untuk menjauhi rokok.

Kegiatan ini dilatarbelakangi dengan adanya kekhawatiran mereka mengenai konsumsi rokok yang selalu meningkat. Bahkan, berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskedas) ada 30 persen anak Indonesia kini mulai merokok sebelum usia 10 tahun.

"Prevalensi merokok pada remaja usia 10 sampai 18 tahun mengalami peningkatan sebesar 1,9% dari tahun 2013 (7,20%) ke tahun 2018 (9,10%)," kata salah seorang perwakilan Ners muda, Ilham Kurniadi.

Sedangkan pada tahun 2015, angka perokok pada penduduk usia lebih dari 15 tahun di Riau mencapai 31,21%, sedangkan pada tahun 2018 meningkat menjadi 32,73%

Dengan adanya kegiatan penyuluhan ini, diharapkan Ilham bisa menjadi salah satu sarana untuk memberikan pengetahuan mengenai pentingnya upaya preventif merokok sejak dini khususnya pada remaja.

Kegiatan ini sendiri dihadiri oleh pihak puskesmas sidomulyo Pekanbaru, serta Dosen Keperawatan Komunitas universitas Riau.

Menurut Ilham, siswa yang hadir sangat antusias mengikuti kegiatan yang ada, sharing dan tanya jawab membuka keterbukaan wawasan.

Sementara itu, pihak sekolah SMK Kansai Pekanbaru menuturkan sangat mengapresiasi kegiatan ini, sehingga diharapkan dapat menjadi tambahan pengetahuan guna mencegah rokok masuk dalam kehidupan remaja.