Nahkodai FKPMR, Chaidir Fokus Peningkatan SDM Riau

chaidir.jpg
(Hasbullah)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepengurusan Forum Komunikasi Pemuka Masyarakat Riau (FKPMR) masa bakti 2019-2024 resmi dikukuhkan di Gedung daerah Pemprov Riau, Minggu, 10 November 2019. FKPMR sendiri akan dinahkodai oleh tokoh Riau, Dr Drh Chaidir yang merupakan ketua DPRD Riau dua periode.

Dalam kata sambutannya, Chaidir menyebut FKMPR merupakan forum yang sudah didirikan sebulan pasca reformasi di tahun 1998, sehingga ia memastikan akan melanjutkan cita-cita FKPMR yakni memperjuangkan hak-hak Riau.

Usai acara, kepada Riau Online, Chaidir mengatakan Riau merupakan daerah yang kontribusinya luar biasa untuk NKRI sejak awal kemerdekaan. Dimana, Kesultanan Siak memutuskan bergabung dengan NKRI tanpa tangan kosong.

"Waktu kita bergabung dengan NKRI, kita tidak dengan tangan kosong. Besar sumbangan Riau, termasuk blok Rokan," kata Chaidir, Senin, 11 November 2019.

Namun, Chaidir tak ingin terlalu dalam membahas tentang Sumber Daya Alam (SDA) Riau yang sudah lama "mengongkosi" pemerintah pusat ini. Ia hanya berharap agar feedback yang didapat Riau bisa lebih ditingkatkan dari sekarang.

Karena, menurutnya saat ini sudah bukan era SDA lagi melainkan era-nya Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga ia ingin masyarakat Riau terutama generasi muda mendapatkan pembekalan guna menghadapi persaingan ekonomi masa depan.

"Era SDA sudah habis dan tak bisa dikedepankan lagi. Sekarang era SDM. Makanya kita akan mencoba mendiskusikan apa trik yang harus kita coba ciptakan untuk itu (peningkatan SDM)," tambahnya.

Termasuk dengan memperjuangkan dana abadi untuk peningkatan SDM, sebab Riau sendiri merupakan daerah industri yang didalamnya banyak terdapat korporasi-korporasi yang bertanggung jawab atas lingkungannya.

"Harusnya dengan banyaknya korporasi besar di Riau, kita bisa mengumpulkan dana abadi untuk perkembangan SDM. Misalnya pembangunan sekolah dan lainnya," pungkasnya.

Sementara itu, Gubenur Riau Syamsuar mengatakan siap bersinergi dengan FKPMR karena didalam FKPMR merupakan rumah bagi tokoh-tokoh pemuka Riau dan juga ada banyak sekali orang hebat di dalamnya.

"Ini orang hebat semua, semoga pemikirannya bisa memberi masukan pada kami," ulasnya.